Irwan Febri Rialdi
Pemain Dewa United asal Malaysia, Junior Eldstal. (Dok. Dewa United)

Bolatimes.com - Pemain asing yang berkarier bersama Bali United, Junior Eldstal, secara mengejutkan mendapatkan panggilan dari pelatih Timnas Malaysia, Kim Pan-gon, untuk menghadapi FIFA Matchday periode September 2023.

Nama Junior Eldstal muncul dalam daftar 26 pemain yang diumumkan oleh Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM), Rabu (23/8/2023). Mereka dijadwalkan menjalani TC bersama Timnas Malaysia mulai 29 Agustus 2023.

Menurut jadwal, Timnas Malaysia bakal menghadapi dua negara pada agenda FIFA Matchday periode September 2023 ini. Dua lawan yang dimaksud ialah Suriah dan China. Laga ini akan digelar pada 6 dan 9 September 2023.

Munculnya nama Junior Eldstal dalam daftar ini memang membuat geger publik Negeri Jiran. Mereka mempertanyakan keputusan pelatih Kim Pan-gon memanggil pemain yang kini berkarier di Indonesia bersama Dewa United itu.

"Namun meski sudah lengkap memanggil 26 pemain, tak sedikit suporter Harimau Malaya yang mengungkapkan keterkejutannya atas terpilihnya pemain yang kini bertolak ke Indonesia bersama Dewa United, yakni Junior Eldstal," tulis media olahraga asal Malaysia, MakanBola.

Tanda tanya besar publik soal pemanggilan bek tengah berusia 31 tahun ini tak terlepas dari minimnya menit bermain yang didapat Junior Eldstal bersama Dewa United di kompetisi Liga 1 2023/2024.

Pasalnya, sejak awal musim ini, Junior Eldstal masih minim mendapat kesempatan bermain dari pelatih Jan Olde Riekerink. Dia baru bermain sebanyak satu kali. Itu pun durasinya berlangsung singkat karena hanya dua menit.

Satu-satunya penampilan Junior Eldstal itu terjadi ketika Dewa United bermain imbang tanpa gol melawan RANS Nusantara FC. Adapun pada dua laga sebelumnya dia hanya menjadi penghangat bangku cadangan.

"Ada beberapa suporter yang mempertanyakan pemilihan Junior ke kubu kali ini. Pasalnya, Junior memiliki menit permainan yang sangat sedikit yakni hanya dua menit saja," tulis MakanBola.

Terlepas dari polemik ini, MakanBola menyebut bahwa pemanggilan pemain Timnas Malaysia merupakan sepenuhnya wewenang Kim Pan-gon. Juru taktik asal Korea Selatan itu diyakini punya alasan tersendiri terkait pemanggilan ini.

"Kim Pan-gon tentu memiliki jawaban terkait susunan pemain yang dipilih. Setiap pemain yang dipilih harus sudah dianalisis terlebih dahulu sebelum keputusan diambil. Dukungan yang solid patut diberikan kepada para pemain tersebut untuk membawa nama negara di China," tulis MakanBola.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More