Irwan Febri Rialdi
Timnas Indonesia vs Turkmenistan. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Ada 10 negara yang bisa dilewati Timnas Indonesia di ranking FIFA jika berhasil menang atas Irak dan Filipina pada agenda internasional November 2023 mendatang. Siapa saja?

Pada agenda internasional November 2023 mendatang, Timnas Indonesia akan bertarung di putaran kedua (R2) Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Di ajang tersebut, tim besutan Shin Tae-yong itu akan bertarung melawan dua negara di November 2023 nanti yakni Irak dan Filipina.

Sebagai informasi, kedua negara ini memiliki ranking di atas Timnas Indonesia. Irak sendiri duduk di peringkat 69 dan Filipina duduk di peringkat 138.

Mengingat Kualifikasi Piala Dunia 2026 memiliki bobot poin yang besar yakni maksimal 25 poin, maka Timnas Indonesia akan panen poin andai bisa menang atas Irak dan Filipina.

Dilansir dari Football Ranking, jika menang atas Irak dan Filipina pada November 2023 nanti, maka Timnas Indonesia akan mendapat tambahan 31,72 poin.

Tambahan itu membuat Timnas Indonesia pun akan mengoleksi total 1101,54 poin dan berpotensi naik 10 peringkat di ranking FIFA.

Sehingga, ada 10 negara yang bisa saja dilampaui Timnas Indonesia jika menang atas Irak dan Filipina pada Kualifikasi Piala Dunia 2023 zona Asia pada November 2023 nanti. Siapa saja?

10. Suriname

Suriname saat ini duduk di peringkat ke-144 dunia dengan raihan 1071,85 poin. Mengingat wakil CONCACAF ini belum punya lawan di November 2023, maka peringkatnya bisa dilampaui Timnas Indonesia.

9. Ethiopia

Dari negara Afrika, ada Ethiopia yang berpotensi digusur Timnas Indonesia dari peringkat ke-143 dengan 1072,54 poin. Kemungkinan mereka tak akan menambah poin karena di November nanti akan menghadapi dua tim kuat yakni Sierra Leone dan Burkina Faso.

8. Burundi

Lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday Maret 2023 lalu, Burundi, juga bisa saja tergusur karena saat ini duduk di peringkat 142 dunia dengan 1080,43 poin. Potensi tim ini mendulang poin di November pun terbilang tipis karena berhadapan dengan Gambia dan Gabon.

7. Turkmenistan

Timnas Indonesia juga bisa melewati lawannya di FIFA Matchday September 2023 yakni Turkmenistan yang kini duduk di peringkat 141 dunia. Meski begitu, ada potensi negara ini mendulang poin karena akan berduel dengan Uzbekistan dan Hong Kong.

6. Rwanda

Selain Ethiopia, Timnas Indonesia bisa melewati negara Afrika lainnya yakni Rwanda yang duduk di peringkat ke-140. Dengan lawan yang akan dihadapi, yakni Zimbabwe dan Afrika Selatan, ada kemungkinan negara ini tak mendapat poin di November 2023.

5. Antigua and Barbuda

Tak hanya Suriname, Timnas Indonesia juga bisa melampaui Antigua and Barbuda di peringkat ke-139. Apalagi di November 2023 nanti, negara ini akan berhadapan dengan Puerto Rico dan Guyana.

4. Filipina

Filipina pun juga harus waspada karena peringkatnya bisa saja tergusur oleh Timnas Indonesia. Apalagi The Azkals juga akan bersua Vietnam, sehingga mereka bisa turun dari peringkat 138.

3. Malaysia

Timnas Indonesia berpotensi menggusur Malaysia di peringkat ke-137 dunia andai menang atas Irak dan Filipina. Tapi, skuad Garuda harus berharap Harimau Malaya takluk di dua laga melawan Kirgistan dan Taiwan.

2. Kuwait

Tak hanya Malaysia, Kuwait yang duduk di peringkat ke-136 juga bisa digusur, andai mereka gagal menang atas India dan Afghanistan serta Timnas Indonesia menang atas Irak dan Filipina.

1. Kepulauan Faroe

Negara terakhir yang bisa digusur Timnas Indonesia adalah Kepulauan Faroe. Saat ini, negara tersebut duduk di peringkat ke-135 dan berpotensi tak mendapat poin karena bertemu Norwegia serta Albania di November 2023.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More