Muhammad Ilham Baktora
Aksi Marcos Acuna saat Argentina singkirkan Belanda di perempat final Piala Dunia 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Dalam memberikan pelayanan adil dalam tayangan siaran langsung pertandingan Piala Dunia 2022, Departemen Kehakiman Amerika Serikat (AS), memblokir sebanyak 55 situs web tak berizin atau ilegal.

Situs-situs web itu ditutup aksesnya setelah perwakilan FIFA mengidentifikasi situs yang digunakan untuk mendistribusikan konten yang melanggar hak cipta tanpa izin dari badan sepak bola dunia.

FIFA memegang hak eksklusif untuk Piala Dunia 2022, yang saat ini masih berlangsung telah mencapai tahap semifinal.

Baca Juga:
Soroti Momen Heroik Asnawi Mangkualam di Timnas Indonesia, Akun Liga Korea Takjub

"Sementara banyak yang mungkin percaya bahwa situs web semacam itu bukan merupakan ancaman serius, pelanggaran terhadap pemegang hak atas kekayaan intelektual apa pun merupakan ancaman yang semakin besar terhadap kelangsungan ekonomi kita," kata agen khusus James Harris dari Departemen Keamanan Dalam Negeri AS dikutip dari AFP, Selasa (13/12/2022).

Website ilegal tersebut penting untuk ditindaklanjuti. Menyusul pemanfaatannya bisa digunakan untuk hal-hal negatif ketika Piala Dunia 2022 usai.

"Dampaknya bisa dirasakan di berbagai industri, dan bisa menjadi saluran untuk bentuk-bentuk kegiatan kriminal lainnya," kata Harris.

Baca Juga:
Thailand Buka Opsi Pasang Dua Striker di Piala AFF 2022, Timnas Indonesia Perlu Waspada

Departemen Kehakiman tidak mengidentifikasi situs web yang diblokir tetapi mengatakan pengunjung situs akan diarahkan ke situs lain untuk informasi tambahan.

Amerika Serikat sudah bergerak untuk menyelesaikan persoalan tersebut. Meski begitu di Indonesia sendiri belum ada langkah konkret dari Kominfo.

Masyarakat sendiri masih bisa mengakses sejumlah situs web yang menayangkan siaran langsung Piala Dunia 2022 tanpa izin. Hal itu mengingat tayangan piala dunia yang bisa dilihat di tv analog sudah tak bisa lagi diakses.

Baca Juga:
Cara Kim Pan-gon Persiapkan Malaysia di Piala AFF 2022 Mirip dengan Shin Tae-yong

Meski banyak yang berbondong-bondong beralih ke tv digital tak sedikit yang memilih berlangganan di situs resmi stasiun televisi yang menayangkan Piala Dunia.

Load More