Muhammad Ilham Baktora
Penyerang Timnas Kroasia, Bruno Petkovic saat menggiring bola di pertandingan Piala Dunia 2022. (Instagram/@brunopetkovicofficial)

Bolatimes.com - Pertandingan antara Kroasia vs Brasil pada perempat final Piala Dunia 2022 di Stadion Education City, Qatar, Jumat (9/12/2022) membuat penggemar senam jantung. Kroasia yang tertinggal 1-0 di babak tambahan kedua, justru berhasil menyamakan kedudukan dari kaki Bruno Petkovic hingga menang dalam adu penalti, 4-2.

Ya, penyerang Bruno Petkovic seakan menjadi pahlawan untuk kesebelasan Vatreni pada laga 120 menit waktu normal dan babak tambahan. Pemain 28 tahun ini baru dimainkan oleh pelatih Zlatko Dalic di menit ke-72 menggantikan Kramaric.

Kroasia memiliki possessioning yang lebih unggul dari Brasil. Padahal, sebanyak 21 tendangan berhasil dibuat Tim Samba namun gol tercipta baru di menit 105+1 oleh Neymar.

Baca Juga:
Hasil Piala Dunia 2022: Drama Sengit 120 Menit hingga Adu Penalti, Kroasia Melaju ke Semifinal usai Jegal Brasil

Sudah percaya diri mengunci tiket semifinal Piala Dunia 2022, Tim Samba dikejutkan dengan serangan balik Kroasia lewat racikan Mislav Orsic dan Bruno Petkovic di menit ke-117. Umpan Orsic mampu dikonversikan Petkovic menjadi gol hingga skor imbang 1-1 hingga babak tambahan berakhir.

Kroasia sendiri keluar sebagai juara setelah menang adu penalti dengan Tim Samba. Empat tendangan pemain Brasil, dua diantaranya mampu digagalkan Dominik Livakovic, dengan skor penalti 4-2.

Profil Bruno Petkovic

Baca Juga:
Mirisnya 11 Pemain Kongo saat Bela Klub, Niat Raih Poin justru Tersambar Petir karena Kiriman Santet?

Bruno Petkovic, lahir di wilayah Metkovic, Kroasia pada 16 September 1994. Pemain dengan tinggi 1,9 meter ini sudah sering bermain di level internasional bersama Timnas Kroasia.

Karier Petkovic, dimulai dari Neret Metkovic dan pindah ke Dinamo Zagreb Youth pada 2007 silam. Di kelompok umur Dinamo Zagreb, Petkovic sempat bermain di NK Zagreb U-17 pada 2009. Ia bertahan hanya setahun setelah itu pinda ke HASK ZG U-17.

Pemain Timnas Kroasia, Bruno Petkovic merayakan gol saat bermain di Piala Euro 2020. (Instagram/@brunopetkovicofficial)

Karier kelompok umurnya terus meningkat di Kroasia, hingga dirinya mendapat kesempatan bermain di Italia dan bergabung di klub Catania sebagai tim inti pada 2012. Petkovic menghabiskan enam tahun berkarier di Negeri Pizza hingga bermain untuk Bologna pada 2018.

Baca Juga:
Punya Target Tinggi di Piala AFF 2022, Witan Sulaeman Tak Ingin Timnas Jadi Runner-up Lagi

Tepatnya 10 Agustus 2018, pemain 28 tahun ini dipinjamkan ke klub asalnya Dinamo Zagreb. Ia mulai resmi menjadi pemain tetap di Dinamo Zagreb pada 2019, ketik kontraknya di Bologna usai.

Bermain di Dinamo Zagreb, Petkovic ikut berperan dalam empat kali juara Croatian Champion. Mulai dari 2018-2022.

Memiliki performa matang di level klub, Petkovic dipercaya sebagai pemain Timnas Kroasia. Dimulai pada Timnas Kroasia U-21 (2013), dirinya satu kali dimainkan dan mencetak 1 gol.

Berlanjut ke level senior, Petkovic dipercaya pada 2019. Tahun itu adalah debutnya bermain di Timnas Senior. Tercatat sudah 26 kali dirinya bertanding di level senior. Dari 26 laga, ia telah mencetak 7 gol, termasuk saat membawa hasil imbang menghadapi Brasil di perempatfinal Piala Dunia 2022.

Petkovic nyaris tak pernah menjadi starting line Zlatko Dalic di kompetisi Piala Dunia 2022 ini. Lima pertandingan yang dilakoni Kroasia, Petkovic hanya dimainkan empat kali. Menghadapi Brasil, Petkovic mengemas 1 gol yang membawa Kroasia lolos ke semifinal.

Kemenangan Kroasia atas Brasil, memastikan skuad Vatreni melaju ke semifinal Piala Dunia 2022. Kroasia dijadwalkan bertanding pada 14 Desember 2022. Lawannya, akan menungu hasil pertandingan antara Belanda vs Argentina, Sabtu (10/12/2022) dini hari WIB.

Load More