Irwan Febri Rialdi
Ophan Lamara, pengamat sepak bola (Instagram/@ophanlamara)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Ophan Lamara, pengamat sepak bola Tanah Air yang mengklaim jika ada transaksi jual beli untuk juara Liga 1.

Belakangan, sepak bola Indonesia dihebohkan dengan sebuah video pengakuan seorang pengamat sepak bola bernama Ophan Lamara di media sosial.

Dalam video yang tersebar di media sosial itu, Ophan Lamara mengklaim dirinya pernah hadir dalam sebuah transaksi jual beli juara Liga 1 atau Liga Indonesia.

Bahkan, Ophan Lamara mengklaim sosok yang melakukan jual beli juara liga itu berada di tubuh PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku Stakeholder sepak bola Tanah Air.

“Saya pernah dua kali hadir di negosiasi jual beli juara liga, sosok itu masih ada di federasi (PSSI) dan operator (PT LIB),” klaim Ophan Lamara seperti yang disadur dari Instagram @recehansepakbola.

Klaim yang disebutkannya dalam acara sebuah kanal YouTube itu pun menjadi perbincangan dan membuat pecinta sepak bola Tanah Air menduga-duga sosok tersebut.

Di saat bersamaan pula, PSSI telah membentuk Satgas Anti Mafia Bola untuk menuntaskan praktik jual beli juara liga yang diklaim oleh Ophan Lamara.

Klaim tersebut pun membuat nama Ophan Lamara menjadi perbincangan. Lantas, siapa sosok pengamat sepak bola Tanah Air tersebut?

Presenter Sepak Bola Indonesia

Ophan Lamara merupakan pria asal Makassar yang punya sepak terjang sebagai presenter olahraga, tepatnya sepak bola. Sehingga namanya dan sosoknya tak asing bagi pecinta sepak bola Tanah Air.

Ia memulai karier sebagai presenter sepak bola di era 2000 an. Ophan Lamara juga diketahui sempat berkecimpung di tubuh PSSI era Nurdin Halid.

Di PSSI tersebut, Ophan Lamara bertindak sebagai tim marketing PSSI. Tapi rekam jejaknya di sepak bola Tanah Air lebih dikenal sebagai presenter sepak bola.

Ophan Lamara kerap menjadi host pertandingan-pertandingan sepak bola di Tanah Air di stasiun televisi sejak 2005 silam hingga saat ini.

Bahkan, Ophan Lamara juga beberapa kali menjadi host untuk pertandingan Timnas Indonesia di sebuah stasiun televisi swasta di Tanah Air.

Diketahui, Ophan Lamara merupakan lulusan London School of Public Relations (LSPR) jurusan komunikasi marketing pada 2010

Ia juga berkecimpung di dunia bisnis seperti menjadi Direktur Pelaksana untuk beberapa badan usaha sejak tahun 2000 an hingga saat ini.

Kemampuannya sebagai presenter pun membuat Ophan Lamara juga kerap menjadi Master of Ceremony (MC) atau moderator untuk beberapa kegiatan.

Selain itu, Ophan Lamara juga menjadi konsultan travel, Tour Planner, dan juga konsultan bagi Event Organizer serta konsultan komunikasi.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More