Irwan Febri Rialdi
Mengenal lebih jauh sosok Fatjon Celani, penyerang asing milik Perserang Serang yang menjadi salah satu calon top skor kompetisi kasta kedua Indonesia, Liga 2 2023-2024.

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Fatjon Celani, penyerang asing milik Perserang Serang yang menjadi salah satu calon top skor kompetisi kasta kedua Indonesia, Liga 2 2023-2024.

Sebagaimana diketahui, Liga 2 musim 2023-2024 memiliki regulasi baru terkait pemain, di mana setiap klub kontestannya diperbolehkan menggunakan jasa dua pemain asing.

PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) mengesahkan regulasi ini jelang bergulirnya Liga 2 2023-2024, dengan rincian satu pemain asing bebas dans satu pemain asing Asia.

Hingga Liga 2 2023-2024 telah berjalan dua pekan, 28 kontestan pun telah mengisi slot pemain asingnya. Sebagian besar, merasakan dampak penting dari adanya regulasi ini.

Salah satu klub yang merasakan dampak besar adalah Perserang Serang yang mendatangkan salah satu penyerang asing bernama Fatjon Celani.

Meski belum meraih poin di Liga 2 2023-2024 sejauh ini, tim berjuluk Laskar Singandaru itu merasakan efek besar dari kedatangan Fatjon Celani.

Penyerang asing asal Jerman itu tercatat mampu mencetak dua gol di laga perdana Perserang di Liga 2 2023-2024, kala tumbang dengan skor 2-3 dari Malut United, Senin (18/9).

Meski kalah, dua gol dari Fatjon Celani di laga debutnya itu menjadi sinyal bahwa dirinya siap menjadi tulang punggung Perserang dan menjadi calon top skor Liga 2 2023-2024.

Lantas, siapakah sosok Fatjon Celani tersebut? Bagaimana rekam jejaknya sebelum kini bertarung di Liga 2 2023-2024 bersama Perserang?

Jebolan Liga Jerman

Fatjon Celani merupakan penyerang asal Jerman yang lahir di Munchen pada 14 Januari 1992 silam. Saat ini, dirinya sendiri berusia 31 tahun.

Kiprahnya di sepak bola sendiri bermula dari negara asalnya, di mana ia menimba ilmu di SC Furstenfeldbruck dan SV Wacker Burghausen hingga 2011.

Di Burghausen, Celani mampu naik kelas ke tim U-19 dan naik tingkat ke tim Reverse, sebelum akhirnya mendarat ke tim FC Augsburg II yang berkiprah di Regionalliga atau kasta keempat Jerman.

Karier Celani di FC Augsburg II pun tak berjalan manis. Kurang dari setahun sejak dirinya bergabung, ia didepak oleh klubnya dan harus menganggur selama beberapa bulan.

Pasca menganggur, Celani kemudian bergabung FC Unterfohring yang bermain di liga amatir. Lagi-lagi tak sampai setahun kemudian, ia didepak dan kembali menganggur.

Celani pun menganggur selama enam bulan, sebelum akhirnya pada Januari 2015 ia bergabung tim amatir lainnya, VfR Mannheim.

Sejak saat itu, Celani pun bermain di kasta terbawah Liga Jerman baik itu kasta keempat dan kelima bersama TuS Koblenz, TSG Neustrelitz, TSV Steinbach, dan FC Memmingen hingga 2021.

Sadar kariernya tak berkembang di negara asalnya, Celani memutuskan Abroad atau berkarier di luar negeri, di mana ia bergabung tim Luksemburg, FC Etzella Ettelbruck pada Juli 2021.

Di Luksemburg, Celani tampil garang dengan mencetak 11 gol dan 5 assist di musim perdananya bersama FC Etzella Ettelbruck dari total 30 pertandingan.

Usai bermain semusim di Luksemburg, Celani kembali menganggur selama empat bulan, sebelum akhirnya mendarat di Rumania dengan bergabung SSU Politehnica Timisoara.

Nahas, kariernya di Rumania tak berkembang dan hanya berjalan tiga bulan saja. Setelah itu, Celani kembali berpetualang ke Kosovo dan bergabung tim kasta teratas, FC Malisheva pada Januari 2023.

Dalam enam bulan perjalanannya di Kosovo, Celani gagal tampil prima dan kerap menjadi cadangan. Akhirnya pada September 2023, ia berlabuh ke Indonesia dan membela Perserang Serang.

Diketahui, Perserang mendapatkan jasa Celani secara gratis. Meski berstatus gratisan, ia mampu menunjukkan tajinya di laga debutnya bagi Laskar Singandaru dengan mencetak Brace ke gawang Malut United.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More