Muhammad Ilham Baktora
Kiper Kroasia, Dominik Livakovic menghalau tendangan dari penyerang Brasil, Vinicius Jr pada perempat final Piala Dunia di Stadion Education City, Qatar, Jumat (9/12/2022). (Twitter/@CBSSportsGolazo)

Bolatimes.com - Pertarungan sengit terjadi antara Timnas Brasil dan Kroasia dalam perempat final Piala Dunia 2022 di Stadion Education City, Qatar, Jumat (9/12/2022). Bermain waktu normal 120 menit dengan skor 1-1, pertandingan dilanjutkan dengan adu penalti yang dimenangkan oleh Kroasia, 4-2

Timnas Kroasia memastikan diri melaju ke semifinal usai mengalahkan Tim Samba di Piala Dunia 2022

Dua gol di waktu normal dicetak oleh, Neymar (105+1) dari kubu Brasil. Sementara dari kubu Kroasia, Bruno Petkovic berhasil menyamakan kedudukan di menit 117'.

Baca Juga:
Jadwal Perempat Final Piala Dunia 2022 Malam Ini: Kroasia vs Brasil, Belanda vs Argentina

Jalannya pertandingan

Brasil memulai laga dengan tempo yang cukup pelan. Namun serangan dilakukan untuk mempercepat gol pertamanya ke gawang Kroasia.

Vinicius melepaskan tendangan di menit ke-3. Tapi serangannya masih bisa diantisipasi Domincik Livakovic. Brasil terus mencoba membangun serangan namun tak kunjung memberikan ancaman.

Baca Juga:
Lolos ke Perempat Final, Kapten Kroasia Sebut Timnya Selalu Menang dengan Sentuhan Drama

Tak mau terus tertekan, Kroasia, mengambil kesempatan menyerang di menit ke-12. Ivan Perisic yang mendapat umpan silang nyaris membuka gol.

Jual beli serangan terus dilakukan dua tim ini namun tak kunjung membuahkan hasil.

Brasil hampir saja mencetak gol lewat tendangan bebas yang dilakukan Neymar pada menit ke-41. Tendangan melengkung bintang Paris Saint-Germain (PSG) ini mampu dibendung Livakovic

Baca Juga:
Jelang Hadapi Kroasia di Perempat Final, Neymar sudah Samai Rekor Dua Legenda Brasil Ini

Hingga tambahan waktu 1 menit waktu normal babak pertama, kedua tim bermain imbang 0-0 hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Brasil mencoba mempercepat tempo serangan. Meski demikian, skuad Vatreni masih bisa mengimbangi.

Brasil nyaris menjebol gawang Livakovic di menit ke-47. Vinicius yang memanfaatkan bola muntahan dari Neymar, masih mampu dihalau penjaga gawang.

Neymar mencetak gol ke gawang Kroasia dalam perempat final di Piala Dunia 2022, Jumat (9/12/2022). (Twitter/@btsportfootball)

Buntu anak asuhnya tak lekas mengubah angka di papan skor, Pelatih Brasil, Tite melakukan pergantian pemain. Rapinha digantikan Antony di menit ke-55.

Kroasia lebih banyak bertahan di awal-awal menit babak kedua ini. Hal itu dimanfaatkan Tim Samba untuk melakukan tekanan.

Masuknya Antony belum memberikan daya gedor yang cukup. Di menit ke-63, Tite lagi-lagi mengganti pemainnya, Vinicius Jr keluar digantikan Rodrygo.

Hasilnya Brasil melakukan sedikit ancaman pada menit ke-65. Lewat Lucas Paqueta dirinya hampir mencetak gol setelah pergumulan di kotak penalti. Namun Livakovic masih saja kokoh berdiri menepis tendangan para pemain Brasil.

Zlatko Dalic juga mengganti dua pemainnya sekaligus untuk membuat serangan menusuk. Kramaric digantikan Petkovic , dan Pasalic diganti oleh Vlasic di menit ke-72.

Lini bertahan Kroasia dibuat bergeming saat serangan cepat Neymar menusuk di menit ke-76. Meski begitu, kesigapan Livakovic masih saja berhasil menghalau serangan.

Brasil bisa saja mencetak gol ke gawang Vatreni di menit ke-80, jika saja tendangan rendah Lucas Paqueta gagal ditangkap Livakovic.

Tite mencoba peruntungan dengan mengganti penyerang Richarlison. Pedro dimasukkan untuk menambah daya gedor di menit ke-84. Namun, hal itu tak kunjung memberikan hasil.

Hingga waktu normal 90 menit berakhir, kedua tim bermain imbang dengan skor 0-0. Pertandingan dilanjutkan ke extra time atau babak tambahan.

Di babak tambahan waktu pertama, Kroasia bermain cukup disiplin di lini bertahannya. Kerap mendapat serangan dari Brasil, Vatreni masih berhasil membendung gempuran Tim Samba.

Akhir penantian Brasil pun tiba, Tim Samba berhasil mencetak gol pertamanya lewat kerjasama Lucas Paqueta dan Neymar di menit ke-105+1. Penyerang PSG ini membawa Brasil memimpin 1-0. Skor tak berubah hingga babak tambahan pertama berakhir.

Di extra time kedua, Brasil memperketat lini bertahannya. Serangan Kroasia yang berulang kali dilakukan mampu digagalkan bek Tim Samba.

Perjuangan Kroasia ternyata membuahkan hasil, di menit ke-117 Bruno Petkovic berhasil menyamai kedudukan 1-1 dengan memanfaatkan umpan Mislav Orsic.

Hingga babak tambahan kedua berakhir, tak ada gol tambahan dan dilanjutkan dengan adu penalti.

Pada adu penalti, Livokavic berhasil menepis dua tendangan dari empat percobaan Timnas Brasil. Rodrygo dan Marquinhos adalah dua pemain yang gagal melaksanakan tugasnya, hingga mengantarkan Tim Samba pada jurang kekalahan.

Sementara Kroasia dari empat tendangan yang dibuat, seluruhnya berhasil menjebol gawang Alisson Becker. Skor penalti 4-2 untuk Kroasia.

Dengan hasil ini, Timnas Kroasia mengunci tiket melaju ke semifinal Piala Dunia 2022. Skuad Vatreni dijadwalkan bertanding pada Rabu 14 Desember 2022.

Susunan Timnas Brasil vs Kroasia:

Timnas Kroasia XI (4-3-3): Livakovic, Juranovic, Lovren, Gvardiol, Sosa, Modric, Brozovic, Kovacic, Pasalic, Perisic, Kramaric.

Pelatih: Zlatko Dalic (Kroasia)

Timnas Brasil XI (4-2-3-1): Alisson, Militao, Marquinhos, Silva, Sandro, Casemiro, Paqueta, Raphinha, Neymar, Vinicius, Richarlison.

Pelatih: Tite (Brasil)

Load More