Irwan Febri Rialdi
Neraysho Kasanwirjo, pemain Timnas Belanda yang namanya Jawa banget. (Instagram/neraysho)

Bolatimes.com - Indonesia memiliki banyak sekali pemain keturunan di luar negeri. Salah satunya adalah Neraysho Kasanwirjo yang sangat kental dengan nama orang Jawa.

Sebetulnya, sejak tahun 2021 akhir penikmat sepak bola Tanah Air dikejutkan dengan munculnya satu nama yang identik dengan nama Jawa dalam 23 skuat Timnas Belanda U-21 yang dipanggil untuk tampil di Kualifikasi Euro U-21.

Nama tersebut adalah Neraysho Kasanwirjo. Ia dipanggil oleh pelatih Erwin van de Looi sebagai salah satu pemain yang memperkuat lini belakang.

Pemanggilan Kasanwirjo di tim U-21 Belanda ini bukanlah kali pertama. Diketahui, pemain berusia 20 tahun ini juga pernah bermain untuk tim De Oranje muda.

Perjalanan Kasanwirjo di Timnas Belanda pun telah berlangsung cukup lama. Bek milik FC Groningen ini pernah bermain untuk De Oranje U-15, U-16 dan U-17.

Neraysho Kasanwirjo juga semakin dikenal saat berhasil naik kelas ke tim utama Ajax Amsterdam pada musim 2020/21. Saat itu, ia masuk dalam susunan pemain Ajax di pekan ke-28 Liga Belanda.

Namun hingga saat ini, Kasanwirjo nyatanya belum masuk radar naturalisasi. Padahal melihat usianya yang baru 21 tahun, Neraysho bisa menjadi aset masa depan Timnas Indonesia.

Lantas, seperti apa perjalanan karier dan latar belakang Neraysho? Berikut ulasan profilnya!

Profil Neraysho Kasanwirjo

Sosok dengan nama lengkap Neraysho Meritchio Kasanwirjo ini lahir di Amsterdam, Belanda, pada 18 Februari 2002. Diketahui ia memiliki darah Suriname dan Indonesia.

Bakat Neraysho di sepak bola mulai terlihat di usia 10 tahun ketika ia direkrut oleh akademi Ajax Amsterdam usai bermain untuk tim lokal A.V.V. Zeeburgia.

Cukup panjang perjalanan Neraysho bersama Ajax. Dari akademi, ia perlahan naik kelas ke tim muda Ajax U-17 dan U-19. Lalu di musim 2019/20, ia ditarik ke Jong Ajax yang bermain di Liga 2 Belanda, Eerste Divisie.

Tampil cukup impresif bersama Jong Ajax, Neraysho sempat dipanggil pelatih Ajax, Erik ten Hag, ke tim utama Ajax. Namun, ia tak pernah dapat kesempatan bermain.

Pada akhir musim 2020-2021, Kasanwirjo resmi berpisah dengan Ajax, klub yang mendidiknya. Namun tak butuh waktu lama, ia mendapat pinangan dari FC Groningen.

Tampil menjanjikan bersama Groningen, Neraysho diboyong oleh Feyenoord pada Januari 2023. Namun setelah bermain setengah musim, ia dipinjamkan ke klub Liga Austria, Rapid Vienna untuk musim 2023/24.

Bermain pertama kalinya untuk klub di luar Belanda, Neraysho Kasanwirjo nyatanya mampu bersaing. Sejauh ini ia sudah bermain empat kali dan selalu menjadi starter.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More