Irwan Febri Rialdi
Bek Viking FK, Djibril Diop. (Instagram/@thialawdiop4)

Bolatimes.com - Bek Timnas Senegal, Djibril Diop, ingin seperti rekan setimnya di Viking FK, Shayne Pattynama, untuk bisa Timnas Indonesia.

Belakangan ini, Djibril Diop diwawancarai terkait Shayne Pattynama. Salah satu pertanyaan yang dilontarkan kepadanya ialah apakah Shayne Pattynama pernah bercerita mengenai pengalamannya bersama Timnas Indonesia.

Mendapat pertanyaan seperti itu, Djibril Diop pun malah memberikan jawaban di luar dugaan. Dia justru mengaku tertarik untuk memperkuat Timnas Indonesia apabila mendapat kesempatan.

"Ummm...tim yang bagus saya ingin bermain di sana (Timnas Indonesia), tetapi saya tidak tahu apakah saya bisa," kata Djibril Diop mengutip dari akun TikTok @shayne.edtz, Sabtu (30/9/2023).

Profil Djibril Diop

Sebagai informasi, Djibril Diop merupakan pesepak bola yang tercatat lahir di Thies, Senegal, pada 6 Januari 1999. Dengan kata lain, pemain yang berposisi sebagai bek tersebut usianya telah menginjak 24 tahun.

Karier sepak bola Djibril Diop dimulai bersama klub lokal di kota kelahirannya, Generation Foot. Dia memulai kiprahnya pada usia 14 tahun, atau tepatnya pada tahun 2013. Di sana, dia menimba ilmu selama empat tahun.

Setelah itu, Djibril Diop mendapatkan kesempatan promosi ke tim senior dan langsung mencatatkan debut pda 2017. Empat tahun berselang, dia memutuskan untuk memulai karier di luar negeri.

Klub pertama yang menggunakan jasanya ialah Hassania Agadir, klub sepak bola asa Markoko. Pada mulanya, Djibril Diop mendapatkan kontrak berdurasi dua tahun bersama klub tersebut.

Namun, tak sampai kontraknya habis, dia justru direkrut klub kasta tertinggi Liga Norwegia, Viking FK, pada hari terakhir bursa transfer musim panas, tepatnya pada 31 Agustus 2022.

Debutnya bersama Viking FK tercipta pada 2 Oktober 2022. Ketika itu, Djibril Diop mengawali kiprahnya dengan malang karena timnya harus kalah tipis dengan skor 1-2 dari Aalesund.

Apabila melihat kiprahnya di level tim nasional, ketertarikan Djibril Diop untuk memperkuat Timnas Indonesia sebetulnya sudah tak mungkin terjadi. Pasalnya, dia sudah pernah bermain untuk Timnas Senegal.

Pada 28 Juli 2019, Djibril Diop mencatatkan debutnya bersama Timnas Senegal pada ajang Kualifikasi Africa Nations Championship 2022 melawan Liberia. Sejauh ini, dia sudah mencatatkan empat penampilan bersama Timnas Senegal.

Hal itu berarti bahwa bek berusia 24 tahun ini sudah tak bisa memperkuat Timnas Indonesia karena sudah pernah mencatatkan penampilan untuk tim nasional senior negara lain pada pertandingan resmi.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More