Husna Rahmayunita
Pemain veteran Timnas Thailand, Teerasil Dangda saat berlaga di Piala AFF 2020. (AFP/Roslan Rahman)

Bolatimes.com - Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) telah merilis nama pemain untuk Piala AFF 2022. Teerasil Dangda termasuk pemain yang diboyong Timnas Thailand.

Total ada 24 pemain yang dipanggil ke Timnas Thailand untuk Piala AFF 2022, salah satunya Teerasil yang merupakan pemain veteran.

Meski usianya kini sudah mencapai 34 tahun, Teerasil Dangda tetap menjadi salah satu pemain Thailand yang harus diwaspadai oleh Timnas Indonesia.

Pasalnya, Timnas Indonesia satu grup dengan Thailand di Grup A. Sejak mencatat debut pada usia 19 tahun di timnas Thailand, Teerasil Dangda sejauh ini sukses membukukan 53 gol dari 115 pertandingan.

Lantas, seperti apa sepak terjang dari seorang Teerasil Dangda ini? Berikut ulasan profilnya!

Profil Teerasil Dangda

Teerasil Dangda merupakan sosok kelahiran Bangkok, Thailand, pada 6 Juni 1988. Teerasil sudah menyukai sepak bola sejak kecil, di pun menimba ilmu di SBB di kampung halamannya.

Baru di tahun 2003 saat usianya 15 tahun, dia bergabung dengan akademi Assumption College Thonburi. Setelah dua tahun tak kunjung mendapat kesempatan berkarier profesional di sana, Teerasil akhirnya pindah ke Air Technical Training School di musim 2004/05.

Pada musim perdananya itu, dia langsung melakoni debut profesionalnya di Liga Thailand dan mencetak tiga gol dari 6 penampilan buat timnya.

Perjalanan Teerasil Dangda berlanjut dengan bergabung bersama klub Raj Pracha, kemudian Muangthong United pada medio 2006-2007. Di periode itu, dia mencetak 16 gol dan 11 assist.

Bakat Teerasil yang mencolok itu membuatnya mendapat kesempatan trial di Manchester City, bersama dengan dua kompatriotnya di Timnas Thailand, Suree Sukha dan Kiatprawut Saiwaeo.

Tak berlanjut kariernya di The Citizens, Teerasil Dangda sempat bermain untuk tim asal Swiss, Grasshopper. Namun, setelah hanya bermain untuk tim cadangan, Teerasil pulang ke Thailand pada 2009.

Teerasil sempat mencuri perhatian klub-klub Eropa lagi setelah membawa Muangthong juara liga domestik tiga kali. Baru pada Februari 2014, ia dipinjam oleh Almeria hingga akhir musim dan menjadi pemain Thailand pertama yang berkarier di Spanyol.

Perjalanan karier Teerasil masih berlanjut setelah itu. Dia bergabung dengan klub asal Jepang, Sanfrecce Hiroshima, pada Desember 2017. Hanya satu musim Teerasil di sana dengan mencetak 6 gol dari 32 penampilan.

Meski sudah diminta bermain untuk musim selanjutnya, Teerasil memilih pulang ke Muangthong United. Namun pada Januari 2020, Teerasil Dangda kembali ke Jepang dengan bergabung bersama Shimizu S-Pulse. Di J1 League 2020, Teerasil mencetak 3 gol dari 24 laga.

Teerasil akhirnya memutuskan pulang ke Thailand dan bergabung dengan BG Pathum United. Dia masih bermain untuk klub tersebut hingga sekarang.

Di Piala AFF 2022, nama Teerasil Dangda kembali masuk ke dalam skuad Timnas Thailand. Teerasil sendiri memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak di Piala AFF dengan 18 gol.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More