H.M Permana
Ilustrasi. (Sepp/Pixabay)

Bolatimes.com - Pemain yang pernah menimba ilmu di Diklat Persib, Yanto Basna, resmi dipinang klub kasta tertinggi Liga Thailand, PT Prachuap FC.

Pemain yang pernah menjadi bagian dari Persib Bandung tersebut tercatat bergabung dengan klub PT Prachuap FC pada 9 Januari 2024.

Kabar merapatnya Basna sudah diumumkan secara resmi oleh pihak klub, kemarin.

Baca Juga:
Shin Tae-yong Sorot Lini Belakang Timnas Indonesia yang Masih Bocor: Ada Beberapa Kesalahan

"PT Prachuap mencapai kesepakatan untuk mengembalikan Yanto Basna," demikian pernyataan klub.

PT Prachuap FC bukanlah klub yang asing bagi eks pemain Persib tahun 2016-2017 tersebut.

Pemain kelahiran12 Juni 1995 tersebut tercatat pernah memperkuat klub yang kini menempati posisi juru kunci Liga Thailand pada tahun 2020 hingga 2022.

Baca Juga:
Shin Tae-Yong Akhirnya Buka Suara Soal Asnawi Tak Dapat Menit Bermain di Laga Uji Coba Jelang Piala Asia 2023

"PT Prachuap FC telah mencapai kesepakatan untuk mengakuisisi Yanto Basna, bek timnas Indonesia. Secara resmi bergabung kembali dengan kami untuk kedua kalinya," pernyataan lainnya dari pihak klub.

Pemain yang pernah menimba ilmu di Diklat Persib pada tahun 2013 ini merupakan rekrutan ke-4 PT Prachuap FC. Sebelumnya, klub tersebut sudah merekrut pemain baru di jendela transfer paruh kedua yaitu Woogeun Yong, Chatchai Butprom, dan Chatmongkol Thongkiri.

Perkuat Diklat Persib

Baca Juga:
Media Asing Tampar Shin Tae-yong karena Tak Bisa Manfaatkan Pemain Timnas Ini

Yanto Basna dalam konferensi pers jelang laga Malaysia vs Indonesia di lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2020. (Dok. PSSI)

Sebelum berkarir di Liga Thailand, Basna tercatat pernah menjadi bagian dari Diklat Persib. Ia merupakan pemain seangkatan Febri Hariyadi.

Namun, Basna tidak bertahan lama bersama Diklat Persib. Ia berlatih hanya satu bulan, kemudian hijrah ke Sriwijaya FC U-21.

"Saya pernah masuk Diklat Persib bareng Febri Haryadi, tapi saya hanya satu bulan dan saya gabung ke Sriwijaya U-21," ujarnya saat itu.

Setelah itu, Basna memperkuat Mitra Kukar pada tahun 2016 dan kembali ke Persib pada musim 2016-2017 dan memperkuat Sriwijaya FC tahun 2018.

Berkarir di Thailand

Bek PT Prachuap FC, Yanto Basna. (Facebook/PrachuapFC2011).

Sepak bola Thailand bukan sesuatu hal yang baru bagi Yanto Basna. Ia tercatat pernah memperkuat beberapa klub disana.

Pemain kelahiran Sorong ini pernah memperkuat Khon Kaen FC, Sukhothai FC, dan PT Prachuap FC.

Load More