Husna Rahmayunita
Thanawat Suengchitthawon dan Chanathip Songkrasin di Piala AFF 2020. (Roslan Rahman/AFP)

Bolatimes.com - Piala AFF 2022 diprediksi bakal sepi pemain bintang ASEAN, sederet nama mentereng dikabarkan tidak akan berlaga di ajang dua tahunan kompetisi sepak bola bergengsi Asia Tenggara.

Turnamen Piala AFF 2022 digelar mulai 23 Desember 2022 hingga 15 Januari 2022, Timnas Indonesia bisa jadi mendapat angin segar untuk edisi kali ini.

Sementara Tmnas Indonesia sangat mempersiapkan komposisi pemain di tubuh skuad yang dikomandoi pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong.

Sederet pemain kondang tim-tim kuat seperti Thailand dan Vietnam diprediksi bakal absen di turnamen Piala AFF tahun ini.

Kondisi ini bisa dimanfaatkan Indonesia merengkuh gelar pertama Piala AFF, setelah sekian lama gagal merengkuh juara.

Dari lima kali berada di partai final, timnas Indonesia hanya mampu meraih runner-up setelah menelan kekalahan di partai final.

Lantas siapa saja pemain top ASEAN yang absen di Piala AFF 2022 nanti? berikut ini beberapa di antaranya.

1. Chanatip Songkrasin

Pemain timnas Indonesia Rachmat Irianto (kiri) berebut bola dengan pemain Thailand Chanathip Songkrasin pada pertandingan leg kedua final Piala AFF 2020 antara timnas Indonesia vs Thailand di Stadion Nasional Singapura pada 1 Januari 2022.Roslan RAHMAN / AFP.

Alasan gokil dipakai pemain Timnas Thailand Chanatip Songkrasin untuk absen di Piala AFF 2022. Pemain Kawasaki Frontal ini ingin menjaga kebugaran fisiknya.

Bermain di Piala AFF dengan jeda waktu yang sedikit membuat pemain rentan mengalami cedera, hal itu tidak diinginkan Chanatip.

Kompetisi karta tertinggi sepak bola Jepang, J1-League dengan intensitas tinggi memaksa pemain harus selalu berada dalam kondisi terbaik.

"Saya ingin bermain untuk Timnas Thailand, tetapi jujur, saya telah bermain di turnamen ini empat kali, dan saya belum siap untuk turnamen mendatang," ucap Chanatip.

"Kami saat ini tidak memiliki cukup pemain untuk menggantikan para pemain lama." imbuhnya.

2. Nguyen Quang Hai

Peman Timnas Vietnam, Nguyen Quang Hai. (Instagram/@nguyenquanghai12041997)

Kabar absennya penggawa Timnas Vietnam Nguyen Quang Hai di Piala AFF 2022 dikonfirmasi langsung Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF).

Sekjen VFF, Le Hoai Anh mengatakan Nguyen Quang Hai tak bisa memperkuat Timnas Vietnam lantaran Piala AFF 2022 tak masuk agenda FIFA.

Seperti yang diketahui Quang Hai saat ini bermain untuk klub kasta kedua Liga Prancis, Pau FC dan pihak klub harus merestui kepergian sang pemain.

Mengingat Piala AFF 2022 bukan agenda FIFA, Pau FC belum tentu memberi izin dan jika memberi izin belum tentu Quang Hai rela mengorbankan menit bermainnya di klub tersebut.

"Piala AFF 2022 bukan milik FIFA, jadi Pau FC berhak menolak untuk mengirimkan pemainnya," ucap Le Hoai Anh dikutip dari Soha.vn.

"Kami telah memberi tahu Pelatih Park Hang-seo untuk segera menyiapkan rencana profesional. Sayang sekali Quang Hai absen, tapi tim Vietnam punya banyak rencana cadangan," imbuhnya.

Kontributor: Eko
Load More