Rauhanda Riyantama
Internasional Khalifa Stadium, venue Piala Dunia 2022. (Twitter/@QatarembassyMex)

Bolatimes.com - Salah satu venue Piala Dunia 2022 di Qatar, Stadion Internasional Khalifa, bakal dibahas di artikel berikut. Stadion ini merupakan salah satu stadion ikonik milik Qatar.

Kurang dari tiga bulan ke depan, gelaran Piala Dunia 2022 bakal dihelat dan Qatar sebagai tuan rumahnya, 8 stadion dengan fasilitas terbaik bakal digunakan.

Proses penyempurnaan masih berlangsung, khususnya dari sisi transportasi dan akomodasi selain persiapan dari beberapa stadion yang dipakai. Berbeda dengan gelaran-gelaran sebelumnya, Piala Dunia 2022 Qatar menggunakan alat pendingin dengan jumlah yang lebih banyak.

Baca Juga:
Hasil Liga Prancis Semalam: Kylian Mbappe Hattrick, PSG Lumat Lille 7-1

Sebagai cara mengatasi cuaca panas ekstrim yang memang menjadi ciri khas negara yang terletak di semenanjung kecil Jazirah Arab ini.

Dari delapan stadion yang digunakan, Stadion Internasional Khalifa terbilang ikonik dan punya sejarah panjang di Qatar.

Stadion ini terletak di Doha, Qatar, yang menjadi saksi perkembangan olahraga di kawasan Asia Timur Tengah. Stadion ini pertama kali diresmikan pada 1976.

Baca Juga:
Hasil Liga Italia Semalam: Napoli Pesta Gol, AC Milan Gagal Petik Kemenangan

Stadion ini memang diperuntukan untuk olahraga sepak bola, tapi di dalamnya terdapat berbagai fasilitas untuk berbagai macam olahraga lain.

Stadion ini merupakan bagian dari Kompleks Olahraga Kota Doha, yang juga meliputi Akademi ASPIRE, Pusat Akuatik Hamad, dan Menara Aspire. Stadion Khalifa juga merupakan markas utama dari Timnas Qatar.

Dalam perjalanannya, stadion ini mengalami beberapa kali renovasi. Pertama pada 2005 yang diperbesar kapasitasnya dari 20 ribu tempat duduk menjadi 50 ribu untuk Asian Games 2006.

Baca Juga:
Hasil Liga Spanyol Semalam: Barcelona Menang Telak, Atletico Madrid Tumbang

Sebuah atap juga dibangun di sisi sebelah barat stadion, dan sebuah arch di sisi sebelah timur yang digunakan sebagai sebuah platform penyalaan kembang api pada Upacara Pembukaan Asian Games 2006.

Renovasi terakhir dilakukan pada 2014-2017 yang ditujukan untuk persiapan menuju Piala Dunia 2022. Kini, venue tersebut punya kapasitas 45.416 orang dan pernah menjadi tempat berlangsungnya ajang Asian Games, Gulf Cup hingga AFC Asian Cup.

Berdasarkan jadwal yang dirilis, Stadion Internasional Khalifa akan menjadi venue dari laga-laga penyisihan grup dan perebutan juara ketiga.

Baca Juga:
Hasil Liga Inggris Semalam: Chelsea Dihajar Leeds United, Manchester City Ditahan Imbang Newcastle United

Meski salah satu stadion ikonik, Stadion Internasional Khalifa tidak akan menjadi venue pembukaan Piala Dunia 2022. Adalah Stadion Al Bayt yang akan menjadi venue laga pembuka antara Qatar vs Ekuador pada 20 November 2022.

Berikut jadwal pertandingan Piala Dunia 2022 di Stadion Internasional Khalifa.

Fase Grup 

21 November 2022: Inggris vs Iran (Grup B)

23 November 2022: Jerman vs Jepang (Grup E) 

25 November 2022: Belanda vs Ekuador (Grup A) 

27 November 2022: Kroasia vs Kanada (Grup F) 

29 November 2022: Ekuador vs Senegal (Grup A) 

2 Desember 2022: Jepang vs Spanyol (Grup E)

Fase Gugur

3 Desember 2022: Juara Grup A vs Runner-up Grup B

17 Desember 2022: Perebutan peringkat 3

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More