Rauhanda Riyantama
Ekspresi para pemain Derby County saat berhasil menyingkirkan Man United. (Twitter/@dcfcofficial).

Bolatimes.com - Tidak sedikit klub-klub legendaris dengan sejarah apik di Eropa, kini harus bermain di kasta bawah karena tidak mampu mengikuti pesatnya perkembangan industri sepak bola.

Terbaru ada Derby County yang dipastikan terdegradasi dari Divisi Championship dan harus bermain di League One atau divisi ketiga sepak bola Inggris untuk pertama kalinya sejak 1986.

Meski memang cuma berkutat di divisi kedua dalam beberapa tahun terakhir, Derby County merupakan salah satu klub Inggris yang punya sejarah sebagai tim besar Inggris.

Baca Juga:
Profil Nottingham Forest, Klub Legendaris yang Selangkah Lagi Promosi ke Premier League

Nyatanya bukan cuma Derby County yang bernasib apes seperti itu. Berikut ada beberapa klub elite masa lalu yang pernah bermain di divisi ketiga atau bawah.

1. Sunderland

Potret aksi Martin Odegaard saat Arsenal hajar Sunderland 5-2 di perempatfinal Piala Liga Inggris. (GLYN KIRK / AFP)

Dikenal sebagai salah satu klub Inggris yang punya sejarah apik di Inggris dan kerap melahirkan pemain-pemain berkualitas, Sunderland kini cuma bermain di League One atau divisi ketiga Inggris.

Baca Juga:
Ditahan Imbang Thailand 1-1, Timnas Futsal Indonesia Puncaki Klasemen SEA Games 2021

Mereka turun kasta setelah kalah pada final play-off 2018/19 dan selalu gagal promosi ke Divisi Championship di dua musim berikutnya.

Kini mereka punya kesempatan buat promosi karena akan tampil di final play-off melawan Wycombe Wanderers.

2. Sheffield Wednesday

Baca Juga:
Hasil Final Bulu Tangkis SEA Games 2021: Tim Putri Indonesia Jadi Runner-up usai Dikalahkan Thailand 0-3

Manchester City sukses mengalahkan Sheffield Wednesday dengan skor 1-0. (PAUL ELLIS / AFP)

Masih dari League One, klub elite masa lampau yang kini bermain di divisi bawah adalah Sheffield Wednesday. Mereka terakhir kali bermain di papan atas adalah pada tahun 2000.

Mereka musim ini gagal promosi setelah kalah dari Sunderland di semifinal play-off League One.

3. Palermo

Baca Juga:
Setelah Man City Tersandung, Ini Hitung-hitungan Liverpool Bisa Juara Liga Inggris Musim 2021/2022

Paulo Dybala ketika berseragam Palermo. (Marcello Paternostro/AFP).

Punya reputasi cukup bagus di Italia dan Eropa pada medio 2000-an, Palermo kini cuma bermain di Serie C atau divisi ketiga sepak bola Italia.

Mereka dipaksa degradasi ke Serie B karena penyimpangan keuangan pada 2019, lalu kembali diturunkan ke Serie C pada musim lalu.

4. Red Star Paris

Mereka adalah klub tertua keempat di Prancis, tapi kini mereka kalah pamor dari Paris Saint-Germain. Kini Red Star bermain di Championnat National atau divisi ketiga sepak bola Prancis.

5. Deportivo La Coruna

Tribune stadion ambruk saat suporter merayakan gol kemenangan Deportivo La Coruna. (Twitter/@rcdlccom)

Beralih ke Spanyol, klub satu ini pernah menjuarai Liga Spanyol pada musim 1999/2000 dan mencapai semifinal Liga Champions empat musim setelahnya.

Namun, perjalanan mereka terseok-seok seiring waktu. Mereka terakhir promosi pada 2018 dan kini turun kasta hingga divisi ketiga atau Segunda Division B yang terdiri dari 102 tim, lalu terbagi ke 10 grup dan 20 sub grup.

(Kontributor: Aditia Rizki)

Load More