Rauhanda Riyantama
Pemain Borussia Dortmund, Tom Rothe. (Twitter/@BVBExpress)

Bolatimes.com - Tom Rothe menjadi talenta baru Bundesliga yang menarik perhatian mata dunia, pemain Borussia Dortmund berusia 17 tahun ini pencetak gol termuda pada laga debut di Liga Jerman.

Kemenangan Borussia Dortmund atas VfL Wolsburg dengan skor 6-1 dalam lanjutan Bundesliga akhir pekan lalu, aksi Tom Rothe sukses mencuri perhatian mata dunia sepak bola.

Bukan karena skor yang mencolok, para penikmat sepak bola khususnya di Jerman tertarik membicarakan sosok Tom Rothe setelah memainkan laga debut di Bundesliga.

Baca Juga:
Egy, Witan, dan Asnawi Dipastikan Gabung Timnas Indonesia U-23 untuk SEA Games 2021

Remaja berusia 17 tahun 169 hari sengaja dimainkan Marco Rose saat melawan Die Wolfe, Tom Rothe pun tak butuh waktu lama untuk membayar kepercayaan pelatihnya.

Hanya butuh 24 menit setelah kick-off, Tom Rothe berhasil membuka keunggulan Dortmund lewat skema sundulan yang mengarah ke tiang dekat dari posisinya.

Usai pertandingan, Rothe mengaku tak menyangka bisa menyarangkan satu gol pada laga debutnya di Bundesliga dengan umur yang masih sangat muda.

Baca Juga:
Komentar Carlo Ancelotti soal Isu Kylian Mbappe Gabung Real Madrid

"Ini luar biasa. Saya merinding. Dan, itu tak terlukiskan. Tidak ada yang pernah menyangka saya melakukan ini." ucap Rothe dikutip dari Sky Sports Germany.

Pemain Borussia Dortmund, Tom Rothe. (AFP)

Sementara itu lima gol lain Dortmund masing-masing dicetak oleh Axel Witsel, Manuel Akanji, Emre Can dan Erling Haaland yang memborong dua gol.

Tom Alexander Rothe merupakan pemain berposisi bek kiri dengan tinggi 192 cm dan bukan produk akademi Dortmund.

Baca Juga:
Fitrul Dwi Rustapa, Kiper yang Digaet Persib Bandung dari Tim Degradasi

Rothe merupakan produk St Pauli yang didatangkan ke Signal Iduna Park pada bursa transfer musim panas 2021, menurut media Jerman postur tubuhnya membuat Rothe disamakan Roberto Carlos.

Penampilan ciamiknya bersama Dortmund membuat Rothe mendapat panggilan timnas Jerman kelompok umur, ia tercatat memiliki satu caps untuk timnas U-17 dan tiga caps untuk timnas U-19.

Marco Rose sudah memahami benar kualitas yang dimiliki Tom Rothe, namun perlu baginya memastikan waktu yang tepat memainkan sang pemain apalagi sebagai starter.

Baca Juga:
3 Pemain yang Bakal Didatangkan Erik ten Hag ke Manchester United

Ditambah dengan gol yang dicetaknya saat Dortmudn melibas Wolsburg, bagi Rose hal itu mampu menambah rasa percaya diri sang pemain.

"Tentu saja kami sudah memasukkan Tom dalam daftar (pemain utama) untuk waktu lama. Kami tahu kualitasnya," ucap Marco Rose.

"Dia berada di kamp pelatihan musim panas dan umumnya melakukan pekerjaan yang sangat baik. Sudah waktunya untuk memberikan kesempatan lebih kepada anak ini.

"Dengan gol itu, dia akan mendapat lebih banyak kepastian. Seperti yang saya tahu, Tom memiliki permainan yang sangat bagus  untuk ukuran anak seusianya. Itu menginspirasi.

"Saya harap ini akan penting untuk Dortmund, untuk dapat terus melahirkan bakat-bakat muda." imbuhnya.

(Kontributor: Eko Isdiyanto)

Load More