Rauhanda Riyantama
Ukraina sukses keluar sebagai juara Piala Dunia U-20 2019 usai mengalahkan Korea Selatan dengan skor 3-1. (JANEK SKARZYNSKI / AFP)

Bolatimes.com - Ukraina keluar jadi jawara baru di Piala Dunia U-20 2019. Dalam partai final, mereka berhasil mengalahkan wakil Asia, Korea Selatan, dengan skor cukup telak 3-1.

Dalam pertandingan di Lodz Stadium, Polandia, Sabtu (15/6/2019) malam WIB, Ukraina sejatinya tertinggal lebih dulu di menit awal pertandingan. Skuat Negeri Ginseng unggul cepat saat laga baru berlangsung lima menit.

Lee Kang-in membawa Korea Selatan memimpin 1-0 setelah sukses mengeksekusi bola dari titik putih. Hadiah tersebut didapat setelah Hwang Tae-hyeon dijatuhkan dalam kotak terlarang oleh bek Ukraina.

Baca Juga:
Hakim Ziyech Dilaporkan Tertarik Hijrah ke Liga Primer Inggris, Ini Klubnya

Namun keunggulan Korea Selatan tak berlangsung lama. Pada menit ke-34, Ukraina sukses menyamakan kedudukan lewat sepakan keras Vladyslav Supriaha setelah mampu memanfaatkan bola muntah di dalam kotak penalti.

Pada babak kedua, Ukraina giliran yang mengambil kendali permainan. Alhasil, tim dari Eropa Timur itu berhasil membalikkan keadaan menjadi 2-1 lewat brace yang dicetak oleh Vladyslav Supriaha pada menit ke-53.

Tertinggal 2-1, Korea Selatan sebenarnya memiliki peluang untuk menyamakan kedudukan. Namun karena kesigapan lini belakang Ukraina, The Taeguk Warriors gagal mencetak gol penyeimbang.

Baca Juga:
Beto Persembahkan Empat Golnya untuk Sang Anak

Jelang laga bubaran, Ukrainan yang justru sukses mencetak gol ketiga. Ialah Heorhii Tsitaishvili, yang menjadi aktor kemenangan setelah mencetak gol pamungkas di menit ke-89.

Berkat hasil ini, Ukraina mencetak sejarah baru karena untuk pertama kalinya menjadi juara di Piala Dunia U-20. Tercatat, mereka menjadi negara kesebelas setelah Uni Soviet (sekarang Rusia), Argentina, Jerman, Brasil, Serbia, Portugal, Spanyol, Ghana, Prancis, dan Inggris.

Sementara itu, peringkat ketiga diduduki oleh Ekuador. Tim asal Amerika Selatan itu mengalahkan Italia lewat gol tunggal pada menit ke-104.

Baca Juga:
Simon McMenemy Terharu usai Bawa Timnas Indonesia Menang Besar atas Vanuatu

Load More