Stephanus Aranditio
Spanyol Vs Rusia (Sumber: Bolatimes)

Bolatimes.com - Peraih trofi Piala Dunia 2010, Spanyol, harus berhadapan dengan tuan rumah Rusia di babak 16 Besar Piala Dunia 2018, di Stadion Luzhniki, Moskow, Minggu (1/7/2018). Dalam laga ketiga fase knock out --sesuai urutan jadwal-- tersebut, baik Spanyol maupun Rusia jelas mengemban misi yang sama, yaitu terus melangkah lebih jauh.

Spanyol secara tradisional memang masih merupakan tim favorit, dan mereka pun diyakini banyak orang berpeluang kembali meraih trofi di ajang kali ini. Namun patut diingat bahwa di Piala Dunia 2014 lalu, selang 4 tahun setelah mereka juara, timnas Spanyol justru harus pulang lebih cepat karena tersisih di fase grup --persis yang dialami Jerman kali ini.

Oleh karenanya, tanpa menepikan kemungkinan juara, Spanyol akan lebih memilih misi melangkah maju tahap demi tahap, sejauh mungkin di Piala Dunia kali ini. Pertandingan malam ini pun akan dijalani dengan misi itu, setelah mereka sukses masuk 16 Besar dengan menjuarai Grup B --hanya unggul produktivitas gol atas Portugal.

Baca Juga:
Rapor Cristiano Ronaldo Vs Lionel Messi di Piala Dunia 2018

Di pihak lain, timnas Rusia yang bermain di hadapan publik sendiri, juga bisa dipercaya punya tekad dan misi yang sama. Apalagi dengan fakta kekalahan menyesakkan 0-3 dari Uruguay di pertandingan terakhir Grup A, yang lantas membuat mereka lolos hanya dalam posisi sebagai runner-up.

Yang lebih membuat khawatir pelatih Stanislav Cherchesov --selain beban target prestasi dari publik Rusia sendiri-- adalah bahwa dalam laga terakhir melawan Uruguay, satu pemain mereka yaitu Igor Smolnikov harus terkena kartu merah sehingga tidak bisa tampil di pertandingan ini. Sementara, kondisi Alan Dzagoev yang cedera pun masih meragukan.

Kondisi Tim dan Pemain Kunci

Baca Juga:
Spanyol Tidak Akan Gunakan Tiki-Taka Lawan Rusia?

Di kubu Spanyol, hampir tidak ada masalah sejauh ini. Pelatih Fernando Hierro diyakini bakal menurunkan komposisi terbaiknya dalam laga ini, dengan penyumbang gol terbanyaknya sejauh ini, Diego Costa, siap menjadi ujung tombak bersama Iago Aspas.

Namun pemain kunci tentu saja adalah sosok senior yang juga pengatur serangan, Andres Iniesta. Pasalnya sejauh ini, gol-gol Spanyol masih banyak memanfaatkan bola-bola dari Iniesta, atau setidaknya berkat visi dan pergerakannya. Maka, Rusia jelas akan mewaspadainya dan diyakini menjaga ketat pemain ini.

Para pemain timnas Spanyol saat berlatih di Stadion Luzhniki, Moskow, Sabtu (30/6/2018), jelang laga 16 Besar Piala Dunia 2018 melawan Rusia. [Mladen ANTONOV / AFP]

Sementara, sebagaimana disinggung sebelumnya, Rusia punya sedikit masalah dalam skuatnya. Dzagoev yang dikabarkan sudah kembali berlatih, masih belum pasti bakal diturunkan atau tidak. Demikian juga dengan gelandang Aleksandr Erokhin.

Baca Juga:
Prediksi Kroasia Vs Denmark di Babak 16 Besar Piala Dunia 2018

Sementara itu, absennya bek Smolnikov yang harus menjalani hukuman kartu merah, bakal berpengaruh pada komposisi lini belakang Rusia. Mental rekannya yang masih bermain maupun yang menggantikan, juga bisa saja terpengaruh oleh ketidakhadiran sang pemain --termasuk fakta bahwa ia terusir lewat kartu merah karena pelanggaran.

Di lini depan, Rusia masih akan mengandalkan Artem Dzyuba, dengan dukungan dari pemain tengah yang sejauh ini juga lumayan agresif. Dalam hal ini, pergerakan dan kreativitas Denis Cheryshev --pencetak gol terbanyak mereka-- bisa saja kembali jadi kunci dalam membongkar pertahanan Spanyol.

Head to Head dan Fakta Menarik

Baca Juga:
Argentina Tersingkir di Piala Dunia 2018, Fan Ini Lempar Televisi

*Kedua tim tercatat baru berjumpa 6 kali sejauh ini (termasuk di laga persahabatan), di mana Spanyol sukses menang 4 kali dan sisanya imbang.

*Pertemuan terakhir Spanyol dan Rusia adalah tahun 2017 lalu dengan hasil imbang 3-3.

Pemain timnas Rusia saat menjalani latihan di Novogorsk, pinggiran Moskow, Sabtu (30/6/2018), jelang laga 16 Besar Piala Dunia 2018 melawan Spanyol. [YURI CORTEZ / AFP]

*Terhitung hari ini, Rusia sudah menjalani 11.704 hari tanpa tampil di fase knock out Piala Dunia --terakhir kali 15 Juni 1986 (di bawah Uni Soviet) ketika dikalahkan 4-3 oleh Belgia di perpanjangan waktu.

*Spanyol sendiri terhitung sudah hampir 8 tahun (tepatnya 2.912 hari) tidak tampil di fase knock out Piala Dunia, di mana penampilan terakhir mereka adalah final Piala Dunia 2010 lalu saat melawan Belanda dan akhirnya meraih juara.

Prakiraan Susunan Pemain

Spanyol: David De Gea; Dani Carvajal, Gerard Pique, Sergio Ramos, Jordi Alba; Sergio Busquets, Koke, Andres Iniesta, Isco; Diego Costa, Iago Aspas.

Pelatih: Fernando Hierro.

Rusia: Igor Akinfeev; Mario Fernandes, Ilya Kutepov, Sergey Ignashevich, Yuri Zhirkov; Roman Zobnin, Daler Kuzyaev; Aleksandr Samedov, Aleksandr Golovin, Denis Cheryshev; Artem Dzyuba.

Pelatih: Stanislav Cherchesov

Pertandingan: Babak 16 Besar
Venue: Stadion Luzhniki (Moskow)
Wasit: Bjorn Kuipers (Belanda)

Load More