Stephanus Aranditio | Andiarsa Nata
Bola dan Trofi Piala Dunia 2018/FIFA

Bolatimes.com - Piala Dunia 2018 sebentar lagi akan bergulir, tinggal menghitung hari saja untuk pertandingan pembuka akan segera digelar. Ajang paling bergengsi ini diikuti oleh 32 negara kontestan yang akan mulai berlaga pada 14 Juni - 15 Juli mendatang di Rusia.

Dalam persiapannya menyambut Piala Dunia, 32 negara tersebut telah melakukan segala yang terbaik untuk berlaga di Rusia. Mereka telah menyiapkan pemain terbaiknya untuk berlaga disana.

Terlepas dari itu, Piala Dunia yang akan berlangsung di Rusia nanti juga terdapat beberapa fakta yang menarik untuk disimak. Berdasarkan penelusuran Bolatimes, berikut 5 fakta mengenai Piala Dunia 2018.

Baca Juga:
Mascherano dan Skuat Argentina Siap Bantu Messi di Piala Dunia

1. Beberapa Negara Unggulan Absen di Piala Dunia 2018

Sumber foto: Instagram

Baca Juga:
Mohamed Salah Bicara Peluang Timnas Mesir di Piala Dunia 2018

Timnas Italia menjadi sorotan karena gagal lolos ke Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak tahun 1958. Gagalnya Italia disebabkan karena ditahan imbang oleh Swedia pada leg kedua playoff. Swedia menyingkirkan Italia dengan keunggulan agregat 1-0.

Selain Italia, Tim besar seperti Belanda, Wales, dan Chile juga gagal lolos ke Piala Dunia. Belanda kalah saing dengan Swedia dalam perebutan posisi runner-up di grup A untuk lolos ke babak playoff.

Sementara Wales hanya mampu finis ketiga pada klasemen akhir grup D pada kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa. Timnas Chile gagal lolos ke Piala Dunia setelah kalah 3-0 dari Brasil pada leg terakhir di Stadion Allianz.

Baca Juga:
Sergio Ramos Jadi Hal Terburuk dalam Karier Mohamed Salah

2. Rusia Menjadi Tuan Rumah Untuk Pertama Kali

Rusia resmi ditunjuk untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia pada 2 Desember 2010. Hal itu menjadi sejarah bagi Rusia karena untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah Piala Dunia. Rusia terpilih setelah memenangkan pemilihan suara dari Inggris, Portugal, Spanyol, dan Belgia.

3. Pemain Termuda dan Tertua di Piala Dunia 2018

Baca Juga:
Thaisa Leal Setia Temani Kapten Timnas Peru saat Terpuruk

Sumber foto: Instagram

Mesir menjadi negara yang memiliki pemain tertua dalam skuatnya di Piala Dunia 2018. Pemain itu adalah kiper Essam El-Hadary. Kiper Mesir itu saat ini telah berusia 45 tahun. Untuk pemain tertua kedua ada di skuat Meksiko. Bek Meksiko, Rafael Marquez menjadi pemain tertua kedua dengan umur 39 tahun.

Pada Piala Dunia 2018 nanti juga terdapat 7 pemain muda yang akan berlaga di Rusia. Masing-masing pemain tersebut tercatat masih berumur 19 tahun. 

Para pemain tersebut adalah Kylian Mbappe (Prancis), Trent Alexander-Arnold (Inggris), Achraf Hakimi (Maroko), Francis Uzoho (Nigeria), Jose Luis Rodriguez (Panama), Moussa Wague (Senegal), dan Daniel Arzani (Australia).

Daniel Arzani dari Australia menjadi pemain termuda dengan usia 19 tahun 162 hari.

4. Klub Penyumbang Pemain Terbanyak di Piala Dunia 2018

Manchester City menjadi klub yang memiliki pemain paling banyak di Piala Dunia. City memliki 16 pemain yang akan berlaga di Rusia. Real Madrid berada diurutan kedua dengan jumlah 15 pemain, Barcelona dengan 14 pemain, dan PSG, Totteham Hotspur, Chelesea masing-masing memiliki 12 pemain.

5. Dua Timnas Pendatang Baru di Piala Dunia 2018

Pertama kali dalam sejarah, tim nasioanl Islandia dan Panama berhasil lolos ke Piala Dunia. Islandia menjadi negara terkecil yang akan tampil di Piala Dunia 2018. Tim besutan Heimir Hallgrimsson melangkah ke Rusia setelah mengalahkan Kosovo 2-0 pada babak kualifikasi grup I.

Sementara Panama memastikan tiket ke Rusia usai berhasil menempati peringkat tiga kualifikasi zona Concacaf (Amerika Utara, Tengah, dan Karibia). Panama menyingkirkan Amerika Serikat yang terpaksa finis di urutan kelima.

 

Bolatimes.com/Andiarsa Nata

Load More