Husna Rahmayunita | Arief Apriadi
Pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti. (AFP/Anne-Christine POUJOULAT)

Bolatimes.com - Juru taktik Real Madrid Carlo Ancelotti membuktikan taktiknya berhasil membawa tim menyingkirkan Chelsea di leg kedua perempat final Liga Champions, Rabu (19/4/2023).

Bertanding di Stamford Bridge, Real Madrid menaklukkan tuan rumah Chelsea dengan skor 2-0 berkat brace Rodrygo Goes.

Hasil ini, mengantarkan Los Blancos ke semifinal Liga Champions usai unggul agregat 4-0 atas The Blues.

Baca Juga:
CEK FAKTA: Luis Milla Tinggalkan Persib Bandung usai Gagal Juara BRI Liga 1 2022

Seusai laga, Carlo Ancelotti mengaku dirinya sengaja melakukan sedikit perubahan taktik ketika Real Madrid mengalahkan Chelsea.

Carlo Ancelotti menjelaskan di leg pertama yang dimainkan di Santiago Bernabeu, Real Madrid cukup direpotkan oleh pergerakan N'Golo Kante yang ditempatkan Frank Lampard sebagai gelandang kanan dalam formasi 3-5-2.

Saat itu, N'Golo Kante langsung berhadap-hadapan dengan motor serangan Real Madrid yakni Luka Modric.

Baca Juga:
Detik-detik Cristiano Ronaldo Smackdown Pemain Al Hilal, Langsung Kena Hukuman

Di leg kedua, N'Golo Kante kembali merepotkan Real Madrid di mana Luka Modric dan kawan-kawan kesulitan untuk menghentikannya. Ancelotti menyadari taktik Lampard itu untuk kemudian melakukan perubahan di babak kedua.

Dia pun menukar posisi Luka Modric dengan Federico Valverde. Nama kedua diminta menempati pos gelandang kiri untuk berhadap-hadapan dengan N'Golo Kante sehingga Modric lebih leluasa mengatur serangan di kanan.

Selain itu, atribut bertahan Valverde juga menjadi keuntungan di mana gelandang asal Uruguay itu diharapkan bisa mengimbangi work rate Kante yang begitu tinggi sebagai gelandang box-to-box.

Baca Juga:
Tuntaskan Balas Dendam, Garuda Select Bantai Arsenal 3-0

"Kami menderita dengan posisi Kante, sulit bagi kami untuk mengontrolnya," kata Carlo Ancelotti dikutip dari Marca via Suara.com, Rabu (19/4/2023).

"Di babak kedua saya mengubah posisi, saya menempatkan Valverde di sisi kiri untuk mengontrolnya dengan lebih baik dan mendapat hasil lebih baik."

Valverde pada prosesnya berhasil mencatatkan satu assist untuk gol kedua Real Madrid di laga ini. Dia mengirim umpan kepada Rodrygo yang menggetarkan gawang Chelsea pada menit ke-80 guna mencatatkan brace setelah golnya di menit ke-58.

Baca Juga:
Hasil Liga Champions: Singkirkan Napoli, AC Milan ke Semifinal

"Kami telah mencapai momen musim di mana tim sangat bagus. Kami melakukannya dengan baik di banyak aspek permainan," kata Ancelotti.

"Kami solid dan kami kebobolan banyak gol. Mencapai semifinal adalah kesuksesan karena Anda dekat dengan final lainnya guna memenangkan Liga Champions lagi."

Di semifinal Liga Champions 2022-2023, Real Madrid akan bertemu pemenang laga Manchester City kontra Bayern Munchen.

Load More