Husna Rahmayunita
Gelandang anyar Barcelona, Frenkie de Jong. (JOSEP LAGO / AFP)

Bolatimes.com - Performa Frenkie de Jong dinilai inkosisten semenjak bergabung dengan Barcelona pada 2019. Hal itu disampaikan oleh mantan pemain Barcelona, Ronald de Boer.

Secara gamblang, Ronald de Boer menyeret nama Sergio Busquets. Posisi Busquets yang mengisi linia dinilai menghambat penampilan de Jong.

De Jong dibeli dengan harga cukup mahal, sejauh ini De Jong sudah tampil reguler di lini tengah Barcelona.

Baca Juga:
Wasit Wanita Terpukul Video Syur Miliknya Tersebar sampai Mengurung Diri

Akan tetapi, gelandang sentral berusia 24 tahun tersebut dinilai belum berkontribusi cukup besar bagi Blaugrana.

Sebelum menjadi pahlawan kemenangan 1-0 Barcelona atas tuan rumah Alaves di laga Liga Spanyol akhir pekan kemarin berkat gol telatnya, De Jong sendiri belakangan mendapat kritikan karena performa inkonsistennya, terlebih di musim 2021/2022 ini.

De Boer meyakini performa dan progres De Jong masih terhambat karena posisi alaminya saat ini masih diisi oleh Sergio Busquets.

Baca Juga:
Sebut Persija Tak Baik-baik Saja, Andritany Taruh Harapan ke Pelatih Baru

"Frenkie adalah gelandang hebat, saya tak meragukan itu. Passing-nya, visi bermainnya," kata De Boer seperti dikutip dari football-espana, Selasa (25/1/2022).

"Tapi sekarang, ketika saya melihatnya bergerak di lapangan, dia memberi saya kesan bahwa dia melakukannya dengan sangat malu-malu. Dia tidak menunjukkan energi yang biasanya dia miliki. Dia tampak sedikit hilang. Dia tidak terlihat bahagia," sambung pria 51 tahun yang kini jadi pelatih di akademi Ajax itu.

"Sementara itu, Busquets adalah pemain yang juga sangat luar biasa. Akan tetapi dia membutuhkan terlalu banyak proteksi, terlebih di usianya sekarang ini," tutur De Boer.

Baca Juga:
3 Alasan Choi In-cheol Wajib Jadi Pelatih Baru Timnas Wanita Indonesia

"Jika dia harus menjaga banyak area maka dia dalam masalah. Hal ini akan mempengaruhi seluruh pemain, terlebih Frenkie. Saya yakin Frenkie akan sangat efektif bermain sebagai deep-lying playmaker, alih-alih sebagai gelandang sentral. Namun, posisi itu saat ini masih jadi milik Busquets."

Busquets saat ini sudah berusia 33 tahun. De Boer merasa sudah saatnya Barcelona mengandalkan pemain yang lebih muda untuk menjadi tulang punggung klub.

"Frenkie adalah masa depan Barca, karier Busquets sudah akan berakhir. Saya menyukai Busquets, tapi dia sudah berumur, dan terkadang klub serta pelatih terlalu mempertahankan pemain yang seharusnya sudah menepi."

Baca Juga:
Profil Mario Balotelli, Si Bengal yang Resmi Kembali Perkuat Timnas Italia

"Masa depan di Barcelona adalah Gavi, Pedri, Frenkie dan Nico Gonzalez. Dengan beberapa pemain tersebut Barcelona akan memiliki lini tengah yang menakjubkan," pungkasnya.

(Suara.com/Rully Fauzi)

Load More