Galih Priatmojo | Andiarsa Nata
Ilustrasi Logo Liga Primer (Jon Super/AFP)

Bolatimes.com - Liga Primer Inggris dikabarkan akan segera melakukan uji coba penggunaan Video Assistant Referee (VAR) dalam kompetisinya. Uji coba tersebut akan dilakukan terlebih dahulu dalam 15 pertandingan usai jeda Internasional pada pekan depan (15/9/2018).

The Profesional Game Match Officials Limited (PGMOL), organisasi yang bertanggung jawab atas pertandingan di sepakbola Inggris ingin melakukan uji coba penggunaan VAR sebelum diterapkan secara penuh.

Penggunaaan VAR memang belum digunakan secara keseluruhan di dunia sepakbola. Liga yang diketahui telah menerapkan VAR dalam kompetisinya adalah Serie A Italia dan La Liga Spanyol.

Baca Juga:
Penalti Ghoib, Persiba Balikpapan Protes Sudah Dicurangi Wasit

Ya, meskipun penggunaan VAR terbilang cukup sukses di Piala Dunia 2018, tetapi VAR masih belum diterapkan di Liga Primer Inggris.

Penggunaan VAR di La Liga Spanyol (Gabriel Bouys/AFP)

Berdasarkan laporan Sky Sports, PGMOL telah merencakanan akan perlahan-lahan menerapkan VAR di Liga Primer. Tetapi sebelum mereka menerapkannya secara penuh, PGMOL terlebih dahulu akan melakukan uji coba.

PGMOL berencana untuk melakukan uji coba setelah jeda Internasional selesai. Tepatnya mulai pekan depan pada tanggal 15 September. Sebanyak lima pertandingan direncakanan akan menggukanan VAR pada tanggal tersebut.

Baca Juga:
Legenda Real Madrid Ini Jagokan Barcelona Juara La Liga

Adapun tujuan PGMOL adalah untuk melihat apakah pusat VAR yang bermarkas di Stockley Park, dekat Heathrow dapat mengatasi munculnya berbagai insiden yang mungkin bisa terjadi dalam waktu yang bersamaan.

Meski begitu, tim wasit yang berada di pusat pemantauan VAR di Stockley Park tidak akan melakukan kontak dengan wasit yang berada di lapangan. Hasil dari uji coba VAR itu pun kemudian akan dievaluasi dan akan di share ke semua petinggi Liga Primer Inggris pada tahun depan.

Load More