Irwan Febri Rialdi
Jepang saat mencukur Pakistan di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. (Dok. AFC)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-24 di Asian Games 2022 kembali menghadapi jalan terjal seiring adanya perubahan bagan di babak gugur, yang membuat tim Merah Putih berpotensi hadapi Jepang.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-24 telah memastikan satu tempat di fase Knock Out yakni babak 16 besar Asian Games 2022.

Skuad arahan Indra Sjafri ini lolos ke babak 16 besar dengan status peringkat tiga terbaik, usai menduduki peringkat ketiga di grup F di belakang Korea Utara dan Kirgistan.

Karena lolos sebagai peringkat tiga terbaik, maka Timnas Indonesia U-24 pun berhak bersua Uzbekistan selaku juara grup C Asian Games 2022.

Jelang duel di babak 16 besar, ada perubahan yang dilakukan oleh penyelenggara Asian Games 2022. Perubahan itu menyangkut bagan di babak gugur atau fase Knock Out.

Semula, Timnas Indonesia U-24 akan bertemu pemenang antara India vs Arab Saudi di perempat final kelak jika berhasil mengalahkan Uzbekistan di babak 16 besar.

Tapi perubahan yang dilakukan pihak penyelenggara membuat Timnas Indonesia U-24 justru akan bersua pemenang Jepang vs Myanmar jika lolos ke perempat final.

Dengan nama besar dan kiprahnya di Asian Games 2022 ini, besar kemungkinan Jepang akan  mengalahkan Myanmar dan lolos ke perempat final.

Tak ayal, Timnas Indonesia U-24 pun harus mempersiapkan diri jika berhasil mengalahkan Uzbekistan di 16 besar, karena harus menantang Jepang di perempat final Asian Games 2022.

Jepang Punya Catatan Apik, Indonesia Dapat Suntikan Kekuatan

Jika bertemu Jepang, Timnas Indonesia U-24 harus mewaspadai kiprah calon lawannya di perempat final itu yang belum terkalahkan di Asian Games 2022.

Meski tak membawa bintang-bintang top seperti Korea Selatan, di Asian Games 2022 ini Jepang tampil superior, setidaknya sejak fase grup.

Tergabung di grup C, Jepang mampu mengungguli Palestina dan Qatar dengan meraih dua kemenangan dan mampu mencetak empat gol serta kebobolan satu gol saja.

Dengan penampilan tersebut, tak ayal Jepang dijagokan sebagai salah satu kandidat juara dan akan lolos ke final dengan mudah.

Beruntung bagi Timnas Indonesia U-24, perubahan bagan yang membuat tim Merah Putih berpotensi bertemu Jepang dibarengi dengan kabar gembira.

Adapun kabar gembira itu adalah datangnya Ramadhan Sananta yang mendapat restu dari Persis Solo untuk terbang ke China dan bermain di Asian Games 2022.

Semula, penyerang berusia 20 tahun itu tak mendapat izin untuk bertarung di Asian Games 2022, sehingga Timnas Indonesia U-24 hanya memiliki satu penyerang utama saja pada diri Titan Agung.

Kondisi itu membuat Timnas Indonesia U-24 kesulitan bersaing di grup F, sehingga harus menelan dua kekalahan dan hanya sekali menang dari tiga pertandingan yang ada.

Dengan hadirnya Ramadhan Sananta, setidaknya lini serang Timnas Indonesia U-24 akan mendapat suntikan kekuatan, terutama saat menghadapi Uzbekistan di babak 16 besar nanti.

Adapun duel antara Timnas Indonesia U-24 kontra Uzbekistan di babak 16 besar Asian Games 2022 akan digelar Shangcheng Sports Centre Stadium, Hangzhou, pada Kamis (28/9) pukul 15.30 WIB.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More