Pipin Lukmanul Hakim
Pelatih Timnas Jepang, Hajime Moriyasu. (AFP/Haitham AL-Shukairi)

Bolatimes.com - Pelatih Jepang, Hajime Moriyasu mengaku senang dengan peningkatan permainan anak asuhnya saat mengalahkan Indonesia di laga penutup Grup D Piala Asia.

Bentrok Jepang vs Indonesia yang berlangsung di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar pada Rabu, (24/1/2024) berakhir dengan skor 3-1.

Kemenangan itu membuat Moriyasu bangga, karena timnya mampu bounce back dari kekalahan melawan Irak pada laga kedua grup.

Baca Juga:
Jawaban Didier Deschamps saat Ditanya Ibu Negara Kenapa Tidak Panggil Junya Ito ke Timnas Prancis

Hal tersebut juga sekaligus memastikan tim Samurai Biru mengunci satu tempat di babak 16 besar Piala Asia 2023 Qatar keluar sebagai runner up.

"Setelah pertandingan terakhir kami melihat ke belakang, dan mencoba menemukan hal-hal yang harus kami perbaiki. Saya pikir para pemain semua fokus, dan mampu tampil 100 persen," kata Moriyasu.

Dalam laga tersebut, striker Jepang Ayase Ueda memborong dua gol di menit 5 dan 51, kemudian gol bunuh diri Justin Hubner menit 88. Sedangkan satu gol Indonesia diciptakan Sandy Walsh menit 90+1.

Baca Juga:
Pelatih Fisik Persib: Ketika Semuanya Berjalan dengan Baik, Saya pun Tak Akan Mengeluhkan Apapun

"Pada akhirnya skor menjadi 3-1, dan kami meningkat. Saya meminta pemain saya untuk lebih agresif di awal, dan mereka menunjukkan hal ini," katanya.

Pelatih 55 tahun itu mengatakan, timnya cukup beruntung ketika mendapat penalti pada awal-awal laga, saat itu Ueda dijatuhkan bek Indonesia Jordi Amat di kotak terlarang.

"Kami mendapat penalti di awal pertandingan, dan itu memungkinkan kami mengendalikan permainan selama 90 menit penuh," kata Moriyasu.

Baca Juga:
Kevin Akui Gara-gara Mereka Tugasnya di Persib Jadi Lebih Mudah: Itu Bagus!

Terkait siapa calon lawan yang akan dihadapi Jepang pada babak 16 besar, Moriyasu menegaskan, timnya tak gentar dan siap memetik kemenangan.

"(Iran dan Korea Selatan) adalah dua tim level teratas di Asia. Mereka bermain dengan gaya berbeda dari Jepang, dan saya juga menghormati kedua tim," kata Moriyasu.

"Kami harus bermain di level tinggi jika kami ingin bersaing melawan kedua tim ini, dan jika kami melawan mereka, itu akan menjadi laga level tinggi bagi kami, serta bagi orang-orang yang menontonnya," tambahnya.

Baca Juga:
Dipuji Hajime Moriyasu, Shin Tae-yong Malah Berharap Jepang Kalah dari Korea Selatan

Load More