Rauhanda Riyantama
Bek kiri Tokyo Verdy, Daiki Fukazawa. (Instagram/821_daiki)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Daiki Fukazawa, bek kiri milik Tokyo Verdy yang membuat Pratama Arhan tak kunjung mendapatkan menit bermain di J2 League atau Liga 2 Jepang.

Sebagaimana diketahui, sejak kepindahannya ke Tokyo Verdy pada 2022 lalu, Pratama Arhan jarang mendapat kesempatan bermain.

Hingga artikel ini dibuat, Senin (10/7), bek kiri Timnas Indonesia itu tercatat baru tampil sebanyak dua kali di kompetisi resmi bagi Tokyo Verdy.

Baca Juga:
Bermain di Ipswich Town, Elkan Baggott Disebut Oleh Media Malaysia Pemain Muda yang Tak Jelas Masa Depannya

Banyak yang meyakini bahwa eks PSIS Semarang ini kesulitan beradaptasi, sehingga tak mendapat banyak menit bermain bersama Tokyo Verdy.

Namun setelah ditelisik lebih jauh, ada alasan mengapa Pratama Arhan hampir tak pernah mendapat kesempatan bagi tim berjuluk Verdy tersebut.

Usut punya usut, Pratama Arhan bisa jadi kesulitan bersaing dengan salah satu pemain andalan Tokyo Verdy, yakni Daiki Fukazawa.

Baca Juga:
Daftar 34 Pemain yang Dipanggil Seleksi Timnas Indonesia U-17, Ada 6 Pemain Abroad

Lantas, siapakah sosok Daiki Fukazawa tersebut? Berikut profil dari pesaing Pratama Arhan di pos bek kiri Tokyo Verdy tersebut.

Posisi Asli Bek Kanan

Daiki Fukazawa merupakan Fullback andalan Tokyo Verdy yang lahir di Tokyo, Jepang, pada 21 Agustus 1998 atau 24 tahun silam.

Baca Juga:
Pratama Arhan Bukan yang Bukan Pertama, Pelatih Tokyo Verdy Hiroshi Jofuku Anti Pemain Indonesia?

Jika menilik profilnya di laman Transfermarkt, Fukazawa sendiri berposisi asli sebagai bek kanan. Namun ia merupakan pemain Versatile atau multi-posisi yang bisa beroperasi di semua posisi di lini belakang.

Ia sendiri merupakan produk dari akademi Tokyo Verdy. Saat menginjak usia 19 tahun, Fukazawa sempat bergabung dengan tim kampusnya, yakni Chuo University.

Setelah lulus dari bangku kuliah, Fukazawa kembali ke Tokyo Verdy dan langsung masuk tim utama hingga J2 League 2023 ini.

Baca Juga:
Striker Vietnam Bernasib Mengenaskan di Korea Selatan, Beda Banget dengan Asnawi Mangkualam

Sebagai jebolan akademinya, Tokyo Verdy pun mengandalkan Fukazawa di setiap laga yang dimainkan. Tercatat sejak masuk ke tim utama pada 2021 lalu, ia telah mencatatkan 70 penampilan.

Dari 70 penampilan itu, Fukazawa mampu menyumbangkan delapan gol dan empat assist bagi Tokyo Verdy di kasta kedua Liga Jepang.

Di J2 League 2023 ini, ia bahkan telah mencatatkan 21 penampilan bagi Tokyo Verdy dan menyumbangkan empat gol serta satu assist.

Meski berposisi sebagai bek kanan, Tokyo Verdy mempercayakan Fukazawa untuk menempati pos bek kiri. Tercatat dari 70 penampilan bagi timnya itu, ia mencatatkan 29 penampilan sebagai bek kiri.

Di J2 League 2023 atau musim ini, Fukazawa kerap dipasang sebagai bek kiri Tokyo Verdy, dan membuat Pratama Arhan kesulitan mendapat menit bermain.

Dari 25 pertandingan yang telah dijalani Tokyo Verdy di J2 League 2023 ini, Fukazawa tampil sebanyak 21 kali sebagai bek kiri dan mengalahkan Pratama Arhan yang berposisi asli sebagai bek kiri.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More