Rauhanda Riyantama
Starting XI Timnas Indonesia U-16 saat melawan Malaysia di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. (Dok. FAM)

Bolatimes.com - Menerka negara yang akan jadi lawan Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023, usai skuad Garuda Asia dipastikan masuk pot 1.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-17 akan berpartisipasi di Piala Dunia U-17 2023 yang akan digelar pada 10 November hingga 2 Desember 2023.

Skuad Garuda Asia dipastikan akan berpartisipasi setelah Indonesia resmi ditunjuk FIFA untuk menggelar ajang tersebut menggantikan Peru.

Baca Juga:
Opsi Lokasi TC Timnas Indonesia U-17 di Luar Negeri untuk Persiapan Piala Dunia U-17 2023

Semula, Peru akan jadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Namun karena ketidaksiapan infrastruktur, status tuan rumah pun dialihkan ke Indonesia pada Jumat (23/6) malam WIB.

Penunjukkan ini menjadi berkah tersendiri bagi Timnas Indonesia U-17 yang akan tampil di Piala Dunia U-17 untuk pertama kalinya sepanjang sejarah.

Sejatinya kesempatan Timnas U-17 tampil di ajang ini tertutup rapat sejak tahun 2022 lalu, usai gagal melangkah ke putaran final Piala Asia U-17 2023 yang jadi kualifikasi Piala Dunia U-17 2023.

Baca Juga:
Singgung Kebebasan Bermain, Saddil Ramdani: Apakah di Timnas Kami Diberikan Itu? Tidak Sama Sekali!

Kini, Timnas Indonesia U-17 pun akan tampil di Piala Dunia U-17 2023 setelah ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan oleh FIFA.

Karena berstatus tuan rumah, Timnas Indonesia U-17 pun otomatis masuk ke pot 1 jelang Drawing babak grup yang akan dihelat pada Agustus 2023 mendatang.

Pot 1 sendiri nantinya akan berisikan tim-tim jagoan seperti Brasil, Inggris, Prancis, Meksiko, Argentina, atau tim-tim kuat lainnya.

Baca Juga:
Kisah Al Wehda, Klub Arab Saudi yang Disebut Terinspirasi dari Bendera Merah Putih Indonesia

Karena berada dalam satu pot, maka Timnas Indonesia U-17 tak akan bertemu tim-tim kuat tersebut di babak grup Piala Dunia U-17 2023.

Dalam Drawing pun, nantinya Timnas Indonesia U-17 tak akan bertemu negara yang berada dalam konfederasi yang sama, alias tak akan bertemu wakil-wakil Asia.

Sehingga Timnas Indonesia U-17 dipastikan akan terhindar dari tim kuat di pot 1 dan tim kuat dari Asia seperti Jepang, Uzbekistan, Korea Selatan, dan Iran.

Baca Juga:
Elkan Baggott Terciduk Sudah Latihan Bareng Bersama Ipswich Town, Siap Bersaing untuk Tembus Skuad Utama?

Dengan aturan seperti itu, Timnas Indonesia U-17 pun berpotensi bertemu lawan-lawan mudah dari pot 2, pot 3, dan pot 4 serta lawan-lawan mudah dari konfederasi lainnya.

Besar kemungkinan lawan Timnas Indonesia U-17 pada Drawing nanti adalah tim-tim Afrika, CONCACAF, dan Oseania yang akan tersebar di pot 2, pot 3, dan pot 4.

Jika mendapat grup dan lawan yang mudah, peluang Timnas Indonesia U-17 untuk lolos dari fase grup dan melangkah ke babak gugur yakni babak 16 besar.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More