Husna Rahmayunita | Arief Apriadi
Pemain Timnas Indonesia U-16 dan ofisial tim melakukan selebrasi kemenangan setelah mengalahkan Timnas UEA dalam laga kualifikasi Grup B Piala Asia U-17 2023 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (5/10/2022). ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-17 diagendakan melakoni pemusatan latihan (TC) untuk persiapan Piala Dunia U-17 2023 meski hingga kekinian skuad belum terbentuk.

Hal itu dikemukakan Ketua Umum PSSI Erick Thohir usai Indonesia dipilin FIFA menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

Erick Thohir menyebut ada dua opsi lokasi untuk TC Timnas Indonesia U-17 di luar negeri. Salah satunya bahkan merupakan kawasan yang pernah didatangi dan ditinggali Lionel Messi.

Baca Juga:
Singgung Kebebasan Bermain, Saddil Ramdani: Apakah di Timnas Kami Diberikan Itu? Tidak Sama Sekali!

"Apakah seperti kemarin di Doha (Qatar) atau Eropa tergantung kesepakatan dengan coach Bima Sakti yang nanti malam dibicarakan. Yang pasti mereka (Timnas U-17) akan segera dikumpulkan dan TC," kata Erick Thohir dikutip dari Antara, Senin (26/6/2023).

Mantan bos Inter Milan itu menyampaikan, persiapan Piala Dunia U-17 dimulai dengan melakukan seleksi di sembilan kota. Setelah pemain terbaik terkumpul, tim akan menggelar TC di luar negeri.

Doha, Qatar bukanlah lokasi TC yang asing untuk PSSI. Sebelumnya, lewat program "Future Garuda" mereka telah menyeleksi 56 pemain muda untuk dirikim berlatih di Aspire Academy yang berada di negara tersebut.

Baca Juga:
Kisah Al Wehda, Klub Arab Saudi yang Disebut Terinspirasi dari Bendera Merah Putih Indonesia

Selain itu, Doha juga belum lama ini menjadi salah satu kota tuan rumah Piala Dunia 2022 Qatar. Bahkan, Lionel Messi dan Timnas Argentina menetap di lokasi tersebut selama turnamen berlangsung tepatnya di Qatar University.

PSSI dikejar waktu untuk mempersiapkan Timnas Indonesia U-17 setelah FIFA resmi menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

FIFA menunjuk Indonesia menggantikan Peru sebagai tuan rumah event bergengsi kelompok umur itu dalam rapat dewan pada Jumat (23/6/2023) lalu.

Baca Juga:
Elkan Baggott Terciduk Sudah Latihan Bareng Bersama Ipswich Town, Siap Bersaing untuk Tembus Skuad Utama?

Kepastian itu membuat pelatih Bima Sakti harus bergerak cepat untuk mencari para pemain terbaik untuk bergabung dengan skuad Timnas Indonesia U-17.

Piala Dunia U-17 2023 diketahui akan berlangsung pada 10 November - 2 Desember 2023. Indonesia akan bersaing dengan 23 tim lain dalam perebutan trofi bergengsi di usia muda tersebut.

Baca Juga:
Profil Massimo Luongo, Pemain Keturunan Sultan NTB yang Satu Tim dengan Elkan Baggott di Ipswich Town

Load More