Rauhanda Riyantama
Trio BBC, Gareth Bale, Karim Benzema, dan Cristiano Ronaldo. (AFP)

Bolatimes.com - Liga Spanyol atau La Liga harus merelakan berakhirnya era MSN dan BBC usai Karim Benzema memilih angkat kaki dari Real Madrid.

Penyerang berkebangsaan Prancis itu memutuskan angkat kaki setelah kontraknya bersama tim berjuluk Los Blancos tersebut habis pada Juni 2023.

Adapun keputusannya hengkang tak lepas dari usianya yang kian menua. Sebagai catatan, Benzema sendiri saat ini telah berusia 35 tahun.

Baca Juga:
3 Alasan Emil Audero Mulyadi Cocok Gabung Lazio

Demi mempermudah proses regenerasi Real Madrid, ia memutuskan hengkang agar timnya mendatangkan penyerang baru.

Selain itu, keputusan eks penyerang Olympique Lyon itu hengkang adalah karena hadirnya tawaran dari klub Arab Saudi, yakni Al Ittihad.

Beredar laporan bahwa Al Ittihad dilaporkan menawari kontrak bernilai fantastis agar Benzema mau bergabung di musim depan.

Baca Juga:
Profil Al Ittihad, Klub Arab Saudi yang Resmi Datangkan Karim Benzema

Tak tanggung-tanggung, juara Liga Arab Saudi 2022/2023 itu menawarinya bayaran sebesar 400 juta euro (Rp6,3 triliun) untuk dua tahun.

Dengan kata lain, Benzema pun akan mendapat bayaran 200 juta euro atau setara Rp3,1 triliun per tahunnya bersama Al Ittihad.

Terlepas dari teka-teki alasannya hengkang, keputusan Benzema meninggalkan Real Madrid pun menandai berakhirnya era MSN dan BBC di Liga Spanyol.

Baca Juga:
Songong, Media Vietnam Sebut Doan Van Hau Kemahalan Buat Klub Indonesia

Era MSN dan BBC ini sempat membuat Liga Spanyol menjadi liga terbaik di dunia karena para bintang di dua kubu, yakni Barcelona dan Real Madrid.

Trio MSN, Lionel Messi, Neymar, dan Luis Suarez. (AFP)

Era MSN dan BBC Jadi Kejayaan Liga Spanyol

Liga Spanyol sempat mengalami masa kejayaan dari 2014 hingga 2017 seiring hadirnya trio dari dua rival abadi, yakni Barcelona dan Real Madrid.

Baca Juga:
5 Pesepak Bola Top yang Pensiun di Usia 40 Tahun, Terkini Zlatan Ibrahimovic

Di kubu Barcelona, ada nama MSN yang merupakan singkatan dari trio Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar. Uniknya ketiga pemain ini berasal dari Amerika Selatan.

Sedangkan dari Real Madrid ada BBC yang merupakan singkatan dari trio Karim Benzema, Gareth Bale, dan Cristiano Ronaldo yang berasal dari kawasan Eropa.

Kedua trio ini menjadi ikon bagi Liga Spanyol atau La Liga. Apalagi trio ini berada di Barcelona dan Real Madrid yang punya rivalitas tinggi.

Selama tiga musim, trio ini saling bersaing membawa klubnya menjadi penguasa di Liga Spanyol dan juga di daratan Eropa.

Persaingan kedua trio ini bahkan terlihat saat Barcelona dan Real Madrid bertemu, sehingga menjadi bumbu dari laga El Clasico atau duel klasik antara kedua tim.

Setelah persaingan berlangsung selama tiga musim, trio MSN mulai pudar yang diawali dengan hengkangnya Neymar ke Paris Saint-Germain pada 2017.

Setahun berselang, trio BBC juga harus kehilangan sosok vital pada Cristiano Ronaldo yang hengkang dari Real Madrid ke Juventus pada 2018.

Saat trio ini menyisakan dua penggawa, pada 2020 Barcelona harus merelakan Luis Suarez hengkang dan disusul Lionel Messi yang pergi pada 2021, sehingga menandai era MSN.

Berakhirnya era MSN pada 2021 kemudian diikuti oleh Real Madrid yang harus kehilangan Gareth Bale pada musim panas 2022.

Barulah setahun berselang, era MSN dan BBC berakhir dengan hengkangnya Karim Benzema pada musim panas 2023 usai kontraknya habis pada musim panas 2023.

Berakhirnya era ini membuat Liga Spanyol pun ditakutkan akan kehilangan pamornya. Apalagi mulai hengkangnya banyak bintang sepak bola dari negeri Matador.

Akankah Barcelona dan Real Madrid bisa memiliki trio baru yang mampu membangkitkan kembali gairah Liga Spanyol di kancah dunia sepak bola?

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More