Rauhanda Riyantama
Pelatih baru Madura United, Mauricio Souza. (Instagram/mauricio___souza_)

Bolatimes.com - Jelang dimulainya musim baru Liga 1 2023-2024, Madura United perkenalkan amunisi anyar di bagian pengolah taktik permainan pelatih baru Mauricio Souza.

Kabar direkrutnya Mauricio Souza sebagai pelatih baru Madura United dibagikan lewat akun Instagram resmi klub pada Senin (1/5/2023).

Madura United tidak asal-asalan dalam merekrut seorang pelatih, Mauricio Souza punya CV mentereng saat masih berkiprah di negara asalnya, Brasil.

Baca Juga:
Baru 18 Tahun, Alejandro Garnacho Umumkan Segera Punya Anak

Siapa sangka klub berjuluk Laskar Sapeh Kerrab ini berhasil mengamankan sosok yang pernah menukangi Flamengo dan Botafogo di Liga Brasil.

Sebelum ini Mauricio lebih dulu ditunjuk sebagai pelatih Vasco da Gama dan berpisah pada 24 Juli 2022 lalu.

"Mauricio Souza, pelatih berkebangsaan Brasil, kelahiran 13 Maret 1974 ini ditunjuk untuk menukangi Laskar Sapeh Kerrab untuk musim 2023-2024 karena beberapa faktor," tulis Madura United.

Baca Juga:
Pujian Selangit Akun Pencari Bakat Luar Negeri untuk Marselino Ferdinan, Netizen Heboh

"Salah satunya yakni karena Mauricio Souza pernah menangani berbagai klub di kelompok usia muda seperti C R Flamengo dan Botafogo F R.

"Hal ini dinilai cocok oleh Managemen karena mayoritas pemainnya masih berusia muda untuk musim 2023-2024." imbuh mereka.

Souza akan meramaikan khazanah sepak bola Indonesia sebagai juru taktik asal Brasil, kompetisi kasta tertinggi Tanah Air ini memang akrab dengan itu.

Baca Juga:
Outfit Keisuke Honda di SEA Games 2023 Bikin Publik Heran, Pelatih Kamboja Beri Tanggapan Begini

Madura United sebelumnya memiliki Fabio Lefundes, pelatih asal Brasil yang dipercaya menukangi klub beberapa musim lalu.

Kebersamaan Lefundes dengan Madura United pun berakhir di musim 2022-2023, usut punya usut sang pelatih yang memilih untuk mengundurkan diri.

Khusus untuk Souza, Annisa Qosasi selaku Direktur Madura United mengaku tengah memiliki rencana besar terkait pengembangan akademi sepak bola.

Baca Juga:
Beda Nasib Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia: Shayne Pattynama Cetak Gol, Sandy Walsh Gigit Jari

Rencana itu ingin digarap serius, selain tugasnya membawa Madura United meraih prestasi di Liga 1 musim depan juga diminta membantu pengembangan akademi tim.

Profil Mauricio Souza

Mengawali karier sebagai pelatih kepala Flamengo U-20 pada musim 2017-2018, karier kepelatihan Mauricio Souza menanjak cepat.

Hanya dalam tempo dua tahun ia ditunjuk sebagai asisten pelatih tim utama Flamengo, bahkan sempat menjadi pelatih interim pada 2021.

Meski begitu karier kepelatihan Souza di Flamengo hanya mentok sampai asisten pelatih sebelum hijrah ke Vasco da Gama pada Februari 2022.

Saat itu ia ditunjuk sebagai pelatih kepala meski tak terlalu lama, hanya satu musim Souza menghabiskan waktunya di Vasco da Gama.

Sebelum itu Souza melatih Botafogo U-13 pada musim 2011-2012, berlanjut hingga 2016 meski tak pernah menjadi pelatih utama klub tersebut.

Nama Lengkap: Mauricio Ferreira de Souza
Tempat lahir: Rio de Janiero
Tanggal lahir: 13 Maret 1974
Umur: 49 tahun
Kewarganegaraan: Brasil

Kontributor: Eko
Load More