Husna Rahmayunita
Dito Ariotedjo calon Menjadi Pemuda dan Olahraga (Menpora) baru. (Instagram)

Bolatimes.com - Sosok yang akan ditunjuk menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) yang akan menggantikan Zainudin Amali telah terungkap. Identitasnya mengerucut pada nama Dito Ariotedjo.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dikabarkan akan melantik Dito Ariotedjo sebagai Menpora hari ini, Senin (3/4/2023) bersama dengan Komjen Pol. Rycko Amelza Daniel sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

"Ya benar dilantik," kata salah satu sumber di kalangan Istana Kepresidenan sebagaimana dilansir Antara, Senin.

Baca Juga:
Olimpiade 2024 Bisa Jadi Panggung Pemain Timnas Indonesia U-20 usai Batal Tampil di Piala Dunia U-20

Sebelum Dito Ariotedjo, jabatan Menpora diisi oleh Zainudin Amali. Namun, Zainudin Amali memutuskan untuk mengundurkan diri pada 9 Maret lantaran ingin fokus ke sepak bola setelah didapuk menjadi Wakil Ketua Umum PSSI di era Erick Thohir.

Lalu, siapakah sebenarnya sosok Dito Ariotedjo yang ditunjuk menjadi Menpora tersebut? Berikut Bolatimes.com menyajikan fakta-fakta menarik mengenai sosok ini.

1. Salah Satu Menteri dan Menpora Termuda

Baca Juga:
Reaksi AFC usai Serangan Brutal Tentara Israel ke Sepak Bola Palestina, Bukan Dorong FIFA untuk Jatuhkan Hukuman Tapi...

Saat ini, Dito Ariotedjo yang akan dilantik menjadi Menpora masih berusia 32 tahun. Dengan demikian, dia akan menjadi Menpora termuda di pemerintahan Indonesia sejak era reformasi.

Tak hanya itu saja, Dito juga akan menjadi Menteri termuda di era pemerintahan Presiden Joko Widodo. Sebelumnya, ada Nadiem Makarim yang sempat menjadi Menteri termuda.

Saat itu, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, RIset, dan Teknologi, itu umurnya 35 tahun, alias tiga tahun lebih senior ketimbang Dito.

Baca Juga:
Gagal Juara Spain Masters 2023, Pelatih Ungkap Praveen/Melati Masih Sering Ragu-ragu

2. Kiprah di Dunia Olah Raga

Sebelum dilantik menjadi Menpora, Dito memang sempat menduduki peran di sejumlah organisasi olahraga. Awalnya, ia menjadi Ketua Umum Pengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Provinsi DKI Jakarta.

Setelah itu, dia juga pernah menjadi Anggota Dewan Penasehat Pengurus Pusat (PP) Perbasi atau Persatuan Basket Seluruh Indonesia.

Baca Juga:
FIFA Copot Status Tuan Rumah Indonesia di Piala Dunia U-20 2023 karena Protes Israel, Media Inggris Keheranan

Adapun yang terakhir ini, dia menjadi salah satu pendiri RANS Sport bersama selebritas papan atas Raffi Ahmad dan pengusaha Rudy Salim. Saat ini, ia menjadi Chairman di RANS Nusantara FC.

3. Anak Eks Direktur Utama PT  Aneka Tambang

Dito Ariotedjo lahir dari pasangan Arie Prabowo Ariotedjo dan Arti Laksmigati Ariotedjo. Dito merupakan anak bungsu dari tiga bersaudara.

Ayahnya, Arie Prabowo Ariotedjo, merupakan mantan Direktur Utama PT Aneka Tambang (Antam) sejak 2017 hingga diberhentikan pada 2019.

4. Masuk 30 Under 30 Forbes Indonesia

Dito Ariotedjo juga pernah tercantum dalam predikat 30 Under 30 oleh Forbes Indonesia pada 2020. Pencapaian ini diraihnya berkat gebrakan AMPI (Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia) yang dimotorinya.

Bersama dengan organisasi AMPI, jebolan Fakultas Hukum Universitas Indonesia ini dianggap memiliki peran besar dalam membangun kepemudaan di Indonesia melalui jalur politik.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More