Rauhanda Riyantama
Pemain Sriwijaya FC Esteban Vizcara (kiri) melakukan selebrasi bersama rekan satu timnya Alberto Goncalves Da Costa (kanan) seusai mencetak gol kegawang Mitra Kukar FC saat pertandingan Liga 1 2018 di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ), Palembang, Sumatra Selatan, Senin (30/11/2018). Sriwijaya FC menang atas Mitra Kukar FC dengan skor 3-1. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Bolatimes.com - Liga Indonesia pernah dihuni klub-klub kaya akan sejarah dan prestasi, meski seiring berjalannya waktu sederet tim-tim itu kini lenyap.

Sepak bola Indonesia pernah dihuni klub-klub besar langganan prestasi, meski hanya di masa lalu setelah kini keberadannya jadi tanda tanya besar.

Klub-klub yang merajai kompetisi domestik hingga mewakili nama Indonesia di kancah internasional, seperti Piala AFC dan Liga Champions Asia.

Baca Juga:
3 Rekor Fantastis PSM Makassar di BRI Liga 1 2022

Banyak penyebab yang membuat hilangnya eksistensi klub-klub besar Indonesia ini, termasuk dari segi finansial dan penurunan prestasi.

Lantas tim mana saja yang dulunya berjaya dan kini telah menghilang? berikut ini klub-klub raksasa Tanah Air yang mulai menghilang dari peredaran.

1. Sriwijaya FC

Baca Juga:
Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC di BRI Liga 1, Kick Off Malam Ini

Tim besar asal Palembang, menjadi wakil Sumatera yang mampu mengalahkan pamor klub-klub Pulau Jawa, termasuk Persija dan Persib.

Namun memasuki era Liga 1, performa Sriwijaya mulai merosot tajam hingga pada 2017 hanya finish di peringkat ke-11.

Satu musim berikutnya, Sriwijaya FC harus menelan pil pahit setelah menerima kenyataan turun kasta ke Liga 2, sementara musim ini kompetisi tersebut dihentikan.

Baca Juga:
7 Klub Liga 1 yang Kerap Ganti Nama, dari Bhayangkara FC hingga Bali United

2. Persipura Jayapura

Persipura Jayapura menjadi salah satu tim kebanggaan masyarakat Indonesia, klub dengan juara Liga Indonesia terbanyak dengan 4 kali gelar.

Hingga petaka mendatangi mereka di musim 2021-2022, tim berjuluk Mutiara Hitam ini tergusur dari Liga 1 setelah menjadi juru kunci klasemen.

Baca Juga:
2 Pesepak Bola Top yang Ngaku Punya Paspor Indonesia, Nyaris Dipanggil Timnas

Ditambah dengan kondisi finansial, tak adanya regenerasi pemain dan rekrutan yang gagal membuat Persipura turun kasta ke Liga 2.

3. PSMS Medan

Pada masanya, PSMS Medan merupakan jawara Sumatera yang menjadi ancaman klub-klub Pulau Jawa, termasuk Persija Jakarta dan Persib Bandung.

Di era kejayaannya, PSMS mampu mengoleksi 7 gelar perserikatan, seiring era berganti ke Liga Indonesia prestasi tim ini naik turun.

Sempat terdegradasi sebanyak 3 kali, pada 2002, 2008 dan 2017 hingga saat ini bermain di kasta kedua Liga Indonesia.

Kontributor: Eko
Load More