Rauhanda Riyantama
Pemain Barito Putera, Frank Sokoy. (Instagram/psbaritoputeraofficial)

Bolatimes.com - Bek sayap Barito Putera, Frank Sokoy, menjadi salah satu pemain yang disorot sepanjang pekan keempat Liga 1 2022-2023 seusai pelanggaran keras yang dilakukannya kepada pemain PSS Sleman, Irkham Milla.

Pada pertandingan yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (13/8/2022) itu, Frank Sokoy tampak melakukan pelanggaran keras yang juga berbahaya kepada Ikrham Milla.

Momen ini terjadi tepatnya pada menit ke-90+2. Awalnya, Frank Sokoy menyodorkan bola ke depan. Saat dia berlari mengejar bola, Irkham Milla melakukan tekel untuk memotong bola.

Baca Juga:
Profil Bintang Timur Surabaya, Jawara Liga Futsal Profesional 2021

Sokoy memang berhasil menghindari tekel Milla, tapi ketika hendak merebut bola kembali, dia justru berupaya menendang bola yang juga hendak direbut Milla.

Akan tetapi, kaki Frank Sokoy diangkat terlalu tinggi dan justru menyambar dada Ikrham Milla. Wasit yang berada dekat dengan insiden ini langsung meniup peluit tanda terjadinya pelanggaran.

Para pemain PSS Sleman sontak mengajukan protes keras kepada wasit. Namun, wasit hanya mengeluarkan kartu kuning meski pelanggaran yang dilakukan Sokoy dinilai sangat membahayakan pemain lawan.

Baca Juga:
Jadwal Liga 1 2022 Hari Ini Senin 15 Agustus: RANS Nusantara FC vs PSM Makassar

Akibat insiden ini, Frank Sokoy menjadi salah satu pemain yang menuai kritik keras di media sosial. Dia dianggap melakukan aksi sembrono yang bisa membahayakan keselamatan lawannya.

Pemain yang memiliki nama lengkap Frank RIkhart Sokoy ini merupakan pesepak bola yang lahir di Jayapura pada 5 Oktober 1997. Posisi bermainnya sebagai bek kiri.

Baca Juga:
Manchester United Babak Belur Dihajar Brentford, Erik ten Hag Hukum Pemain Lari 13,8 Km

Tak banyak diketahui soal awal mula perjalanan karier pemain berusia 24 tahun ini. Yang jelas, dia memulai kariernya bersama Persitoli Tolikara pada 2019 di ajang Liga 3.

Setelah itu, Frank Sokoy sempat bergeser ke Jawa Timur untuk bermain bersama Perseta Tulungagung pada 2019-2020. Namanya mulai mencuat ketika direkrut Persebaya Surabaya pada 2021.

Ketika itu, Frank Sokoy mendapatkan kesempatan debut oleh Aji Santoso ketika Bajul Ijo menghadapi Borneo FC pada lanjutan Liga 1 2021-2022 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, pada 4 September 2021.

Baca Juga:
Profil Malaysia, Lawan Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023: Pernah Tembus Perempatfinal

Selama memperkuat Persebaya, Frank Sokoy menjadi pemain yang melapisi posisi Reva Adi Utama di pos bek kiri. Dia hanya bermain saat Reva mengalami cedera atau hukuman larangan bermain akibat akumulasi kartu kuning.

Pada akhir musim Liga 1 2021-2022, pemain berusia 24 tahun ini menjadi salah satu nama yang memilih hengkang dari tim asal Kota Pahlawan.

Sebab, Frank Sokoy mendapatkan tawaran dari Barito Putera yang tengah membangun skuad untuk menghadapi kompetisi Liga 1 2022-2023.

Debutnya bersama Laskar Antasari tak berlangsung manis karena tim asuhan Dejan Antonic itu dibabat delapan gol tanpa balas saat bertandang ke markas Madura United.

Sejauh ini, Frank Sokoy selalu menjadi andalan utama Dejan Antonic untuk mengisi pos bek kiri Barito Putera di Liga 1 2022-2023. Sebab, dari empat laga, dia selalu mendapat kesempatan bermain dari tim pelatih.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More