Husna Rahmayunita
Korea Selatan U-17 berhasil lolos ke semifinal Piala Asia U-17 2023 usai kalahkan Thailand 4-1. (Instagram/thekfa)

Bolatimes.com - PSSI memastikan bahwa Timnas Indonesia U-17 bakal menjajal kekuatan Timnas Korea Selatan U-17 sebagai salah satu persiapan menghadapi ajang Piala Dunia U-17 2023.

Menurut jadwal, laga uji coba antara Timnas Indonesia U-17 melawan Timnas Korea Selatan U-17 ini bakal berlangsung pada akhir Agustus 2023. Saat ini, tim pelatih masih fokus menggelar seleksi pemain.

Timnas Indonesia U-17 yang dinakhodai oleh Bima Sakti memang tengah mencari amunisi terbaik yang bisa diandalkan pada Piala Dunia U-17 2023. Seleksi digelar secara maraton di 12 kota.

Baca Juga:
FIFA Matchday September 2023: Timnas Indonesia vs Turkmenistan, Malaysia Lobi Langganan Juara Piala Afrika

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, juga menyebut bahwa salah satu persiapan yang akan dijalani Timnas U-17 ialah pertandingan uji coba internasional melawan negara yang levelnya lebih tinggi.

"Insya Allah kita akan coba pertandingan persahabatan antara Timnas U-17 melawan U-17 Korsel pada Agustus ini. Ini masih antara 20 sampai 30 Agustus," kata Erick Thohir pada konferensi pers yang berlangsung di Gedung Danareksa, Jakarta, Kamis.

"Dari Korea Selatan sudah oke, tinggal nanti menentukan tanggal pastinya. Karena yang harus diperhitungkan kembali ialah kita ada pertandingan liga," sambungnya.

Baca Juga:
Profil Levy Madinda, Pemain Asing Terbaru Persib Bandung Rekan Aubameyang di Timnas Gabon

Profil Timnas Korea Selatan U-17

Sebagai informasi, Timnas Korea Selatan U-17 merupakan salah satu tim terkuat di kawasan Asia. Berbeda jauh jika dibandingkan dengan Indonesia, prestasinya sudah merentang cukup lama.

Salah satu buktinya ialah karena Timnas Korea Selatan U-17 menjadi salah satu kontestan tersukses di ajang Piala Asia U-17. Mereka memang pernah meraih dua kali juara, yakni pada edisi 1986 dan 2002.

Baca Juga:
Netizen Malaysia Nyinyir, Timnas Indonesia Tantang Tim yang Pernah Dikalahkan Harimau Malaya

Jumlah dua gelar juara ini memang masih kalah dari Jepang yang sudah empat kali meraih trofi. Namun, catatan lainnya ialah Timnas Korea Selatan U-17 sudah tiga kali menjadi runner-up, yakni pada 2008, 2014, dan terakhir 2023.

Untuk edisi yang disebutkan terakhir, Timnas Korea Selatan U-17 sebetulnya tampil istimewa. Mereka melaju kencang dari fase grup hingga babak gugur. Bahkan, Korea Selatan lah yang menghajar Thailand di babak perempat final.

Sayangnya, mereka harus mengakui keunggulan Jepang di partai final setelah digasak tiga gol tanpa balas oleh para pemain muda Samurai Biru.

Baca Juga:
Timnas Indonesia vs Turkmenistan, Malaysia Isyaratkan Lawan Negara dengan Ranking Lebih Tinggi

Selain di Piala Asia U-17, Korea Selatan juga terhitung rutin mewakili Asia di kancah Piala Dunia U-17. Mereka tercatat sudah enam kali berpartisipasi. Adapun pencapaian terbaiknya ialah melaju hingga babak delapan besar.

Prestasi ini dicatatkan skuad muda Taeguk Warriors pada edisi 1987, 2009, dan 2019. Adapun tiga penampilan lainnya tak bisa berlanjut dari fase penyisihan grup.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More