Rauhanda Riyantama
Aksi kiper Malaysia, Syihan Hazmi gagalkan penalti pemain Myanmar di Piala AFF 2022. (Dok. AFF)

Bolatimes.com - Timnas Malaysia membuka Piala AFF 2022 dengan kemenangan dramatis atas Myanmar pada Rabu (21/12/2022) di Stadion Thuwunna, Yangon, Myanmar.

Membuka fase grup Piala AFF 2022, timnas Malaysia asuhan Kim Pan-gon berhasil mengamankan kemenangan penting saat melawat ke markas Myanmar.

Gol semata wayang Faisal Halim pada menit ke-52 menjadi penentu tiga poin yang berhasil dibawa pulang timnas Malaysia dari Myanmar.

Baca Juga:
Profil Gonzalo Montiel, Penentu Timnas Argentina Juara Piala Dunia 2022

Skor tak berubah hingga laga berakhir, kemenangan dramatis saat Malaysia harus merasakan gempuran para pemain Myanmar hingga penghujung waktu.

Sebanyak 58 persen penguasaan bola menjadi milik Myanmar dengan total 18 tembakan ke gawang meski hanya tiga di antaranya yang tepat sasaran.

Sementara Malaysia hanya mampu membukukan 9 tembakan ke gawang dengan hanya dua mengarah tepat sasaran, keberuntungan yang sangat jelas untuk Malaysia.

Baca Juga:
Menengok Fisik Bola Bersatu yang Punya Teknologi Canggih di Piala AFF 2022

Ditambah peluang emas Myanmar di akhir laga untuk menyamakan kedudukan terbuang sia-sia setelah eksekusi penalti Win Naing Tun digagalkan kiper Malaysia, Syihan Hazmi.

Hadiah penalti untuk Myanmar diberikan wasit pada menit ke-90+4, berawal dari handball yang dilakukan Syahrul Nazeem di kotak terlarang Malaysia.

Baca Juga:
Malas Bahas Kekuatan Timnas Thailand, Shin Tae-yong Pilih Fokus ke Tim Sendiri

Nain Tun pun ditunjuk sebagai eksekutor, nomor punggung 10 miliknya seolah membuktikan kualitas di atas rata-rata yang dipunyai ketimbang pemain lain.

Meskipun kepercayaan diri Wain Nain Tun luntur setelah bola hasil eksekusinya mampu ditepis oleh Hazmi, bola menyusur ke arah kanan gagal menjebol gawang Malaysia.

Skor 1-0 pun tak berubah, Myanmar yang seharusnya mampu memanfaatkan kesempatan mengumpulkan poin di markas sendiri justru kecolongan.

Baca Juga:
Disebut Shin Tae-yong 'Remehkan' Timnas Indonesia, Pelatih KV Mechelen Bongkar Alasan Tak Lepas Sandy Walsh

Kemenangan Malaysia atas Myanmar sempat membuat Harimau Malaya bertengger di puncak klasemen Grup B Piala AFF 2022 sebelum digeser Vietnam.

Vietnam menggila di matchday pertama fase grup dengan melibas Laos, skor 6-0 menjadi penutup laga yang digelar di New National Laos Stadium.

Kontributor: Eko
Load More