Irwan Febri Rialdi
Kylian Mbappe jadi top skor Piala Dunia 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Kylian Mbappe keluar sebagai pencetak gol terbanyak di Piala Dunia 2022 Qatar, sekaligus gelar individu prestisius pemain Prancis di ajang ini usai gagal meraih gelar juara.

Meski gagal membawa Prancis meraih back to back gelar juara Piala Dunia, Kylian Mbappe berhasil mencatatkan namanya di buku sejarah Piala Dunia 2022 Qatar.

Gelar pribadi sebagai pencetak gol terbanyak Piala Dunia 2022 Qatar menjadi raihan tersendiri yang bisa dibawa pulang Kylian Mbappe ke Prancis.

Dalam lima edisi terakhir Piala Dunia, setidaknya ada beberapa pemain yang menorehkan prestasi sebagai pencetak gol terbanyak di ajang empat tahunan sepak bola dunia ini.

Lantas siapa saja mereka? berikut deretan pemain yang menorehkan prestasi sebagai pencetak gol terbanyak Piala Dunia dalam lima edisi terakhir.

1. Kylian Mbappe (2022)

Kylian Mbappe selebrasi saat cetak gol untuk Prancis. (Odd ANDERSEN / AFP)

Di Piala Dunia 2022 Qatar, Kylian Mbappe sukses mencetak 8 gol meski gagal membawa Prancis meraih gelar back to back Piala Dunia.

Sebelumnya Mbappe sukses membawa Prancis meraih gelar juara di edisi 2018 Rusia, namun saat itu namanya kalah dalam perburuan golden boot.

2. Harry Kane (2018)

Harry Kane gagal eksekusi penalti saat Inggris kalah lawan Prancis 1-2 di perempat final Piala Dunia 2022. (AFP)

Di Piala Dunia 2018 Rusia, Harry Kane menjadi pemain kesakitan sebelum Mbappe merasakannya di tahun ini, meski berhasil menjadi pencetak gol terbanyak namun gagal membawa timnya juara.

Harry Kane hanya mampu membawa Inggris bertengger di peringkat keempat namun berhasil menjadi pencetak gol terbanyak dengan torehan 6 gol.

3. James Rodriguez (2014)

James Rodriguez saat tampil membela Timnas Kolombia di Piala Dunia 2014. (AFP)

Namanya mencuat ke Eropa sebagai pemain Amerika Selatan yang mumpuni, James Rodriguez mampu mencuri perhatian di Piala Dunia 2014 Brasil.

Rodriguez sukses mencetak 6 gol di ajang ini hingga membuat namanya menggebrak bursa transfer pemain dan membuat Real Madrid merogoh gocek besar untuk merekrutnya.

4. Thomas Mueller (2010)

Striker timnas Jerman Thomas Mueller bereaksi pada pertandingan Grup E Piala Dunia antara Jerman melawan Kosta Rika di Stadion Al Bayt, utara Doha. (1/12/2022) (AFP/INA FASSBENDER)

Mueller boleh saja gagal membawa Jerman meraih gelar juara di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan, tetapi namanya tercatat di buku sejarah ajang ini.

Torehan 5 gol sepanjang Piala Dunia 2010 membawa Mueller meraih golden boot, selain itu Mueller juga meraih gelar pemain terbaik saat itu.

5. Miroslav Klose (2006)

Pemain legendaris Timnas Jerman Miroslav Klose. (Shutterstock)

Jerman nyaris meraih gelar Piala Dunia di markasnya sendiri pada 2006, namun mimpi itu terkubur setelah Prancis dan Italia berhasil menembus final.

Meski begitu, golden boot tetap menjadi milik pemain tuan rumah, Miroslav Klose dengan catatan lima golnya di ajang tersebut.

Kontributor: Eko
Load More