Irwan Febri Rialdi
Selebrasi Youssef En-Nesyri usai cetak gol saat Maroko kalahkan Portugal 1-0 di Piala Dunia 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Kerja keras dari para penggawa Timnas Maroko kini mengantarkan mereka berada di semifinal Piala Dunia 2022 dan akan menghadapi Prancis.

Maroko yang merupakan wakil Afrika pertama di semifinal dalam sejarah Piala Dunia, bakal menghadapi Prancis yang berstatus sebagai juara bertahan.

Duel kedua tim rencananya berlangsung di Stadion Al Bayt pada Kamis (15/12/2022) pukul 02.00 dini hari WIB. Di atas kertas Prancis lebih diunggulkan daripada Maroko.

Kendati begitu, Maroko yang menjelma sebagai kuda hitam tak bisa dipandang sebelah mata. Maroko bisa saja menjadi batu sandungan buat Kylian Mbappe dan kolega untuk menjadi juara dunia berturut-turut.

Lantas, apa saja alasan yang bisa bikin Maroko beri kejutan kepada Prancis? Berikut ulasannya!

1. Lini Pertahanan Kuat Maroko

Maroko menjadi tim dengan lini pertahanan terkuat di Piala Dunia 2022 sejauh ini. Tim berjuluk Singa Atlas itu baru hanya kebobolan satu kali hingga sampai di babak semifnal ini.

Satu-satunya gol yang bersarang di gawang Maroko terjadi pada penyisihan grup. Jumlah kebobolan tersebut bahkan jauh mengungguli Prancis yang sudah kemasukan 5 gol sejauh ini.

Selain para pemain bertahan yang tampil luar biasa, Yassine Bounou juga tampil begitu impresif sepanjang turnamen di bawah mistar gawang Maroko.

2. Dukungan Suporter

Timnas Maroko kini punya motivasi berlipat menjelang semifinal Piala Dunia 2022. Yaitu adanya dukungan dari negara Arab dan seluruh penduduk benua Afrika.

Seperti yang diketahui, Maroko mencatatkan sejarah sebagai tim pertama Afrika yang mentas di semifinal Piala Dunia. Tentunya, masyarakat Afrika juga ingin melihat ada tim dari benua mereka yang jadi juara Piala Dunia.

Belum lagi, Maroko yang notabene adalah negara dengan mayoritas penduduk muslim, mendapat dukungan penuh dari masyarakat di Timur Tengah.

3. Belum Pernah Terkalahkan

Selain punya pertahanan yang kokoh, Timnas Maroko juga membuktikan kekuatan mereka dengan belum pernah terkalahkan di Piala Dunia 2022.

Pada fase grup, mereka hanya imbang kontra Kroasia (0-0), lalu menang beruntun melawan Belgia (2-0) dan Kanada (2-1). Lalu, pada laga 16 besar, mereka sukses menyingkirkan Spanyol via adu penalti. Duel kontra Portugal pada fase perempat final pun juga sukses diamankan dengan kemenangan 1-0.

Sementara Prancis sudah menelan satu kali kekalahan di fase penyisihan grup. Saat itu, Kylian Mbappe dan kolega keok 0-1 dari Tunisia di laga Grup D.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More