Rauhanda Riyantama
Selebrasi pemain Maroko usai kalahkan Belgia 0-2 di Piala Dunia 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Keberhasilan Timnas Maroko mengalahkan Belgia di Piala Dunia 2022 menjadi rekor tersendiri bagi tim berjuluk Singa Atlas yang berhasil meraih kemenangan ketiga sepanjang sejarahnya di ajang ini.

Piala Dunia 2022 kembali menghadirkan kejutan. Usai kejutan hadir dari Arab Saudi dan Jepang, kini giliran Maroko yang menghadirkan kejutan tersebut.

Kejutan diberikan Maroko di Piala Dunia 2022 setelah secara mengejutkan mampu menumbangkan tim unggulan grup F, Belgia, Minggu (27/11).

Baca Juga:
Utusan PSSI Jelaskan Alasan Banyak Pemain Keturunan Tak Kunjung Dipanggil ke Timnas Indonesia U-20

Dalam duel tersebut, Maroko yang kalah materi pemain dari Belgia, mampu membuat tim berjuluk De Rode Duivels itu menelan kekalahan dengan skor 0-2.

Sepanjang 90 menit pertandingan, Belgia sejatinya mampu mendominasi permainan atas Maroko dengan menciptakan banyak peluang.

Namun justru Maroko yang lebih efektif dalam mengkonversi peluang menjadi gol. Salah satunya lewat tendangan bebas Abdelhamid Sabiri di menit ke-73.

Baca Juga:
Jelang Lawan Uruguay, Cristiano Ronaldo Traktir Makan Pemain Timnas Portugal di Restoran Mewah

Usai unggul 1-0, Maroko bermain bertahan dan membiarkan Belgia kembali mengendalikan permainan. Nahasnya, dominasi De Rode Duivels malah berbuah petaka.

Di menit-menit akhir pertandingan, Maroko mampu mencetak gol keduanya lewat serangan balik cepat, usai Zakaria Aboukhlal mencetak gol memanfaatkan umpan tarik Hakim Ziyech.

Berkat dua gol itu, Maroko pun berhasil meraih kemenangan perdananya di Piala Dunia 2022. Sebelumnya, Singa Atlas hanya mampu bermain imbang 0-0 melawan Kroasia di laga perdana grup F.

Baca Juga:
Suporter di Qatar Bawa Poster Mesut Ozil sambil Tutup Mulut, Sindiran untuk Timnas Jerman?

Selain meraih kemenangan perdana, kemenangan atas Belgia ini juga menjadi rekor tersendiri, yakni kemenangan ketiga Maroko sepanjang sejarahnya mentas di Piala Dunia.

Aksi Kevin de Bruyne saat Belgia kalah lawan Maroko 0-2 di Piala Dunia 2022. (AFP)

Rekor Maroko

Kemenangan atas Belgia ini menjadi catatan bersejarah bagi Maroko yang akhirnya berhasil meraih kemenangan ketiganya selama partisipasinya di Piala Dunia.

Baca Juga:
Tak Pernah Menang di Dua Laga, Begini Hitung-hitungan Jerman Lolos ke 16 Besar Piala Dunia 2022

Sebagai informasi, Maroko sudah enam kali berpartisipasi di Piala Dunia, yakni di edisi 1970, edisi 1986, edisi 1994, edisi 1998, edisi 2018, dan edisi 2022 ini.

Dari enam partisipasinya itu, Maroko terbilang jarang meraih kemenangan. Kemenangan perdana Singa Atlas di Piala Dunia sendiri baru diraih pada edisi 1986.

Saat itu, Maroko yang dihuni generasi emasnya mampu menang atas Portugal dengan skor 3-1 lewat dua gol Abderrazak Khairi dan Abdelkrim Merry.

Lalu kemenangan kedua Maroko di pentas Piala Dunia terjadi pada 1998. Saat itu, Singa Atlas menang 3-0 atas Skotlandia lewat dua gol Salaheddine Giuseppe Bassir dan satu gol Abdeljalil Hadda.

Sedangkan kemenangan ketiga didapat di Piala Dunia 2022 ini atas Belgia dengan skor 2-0 lewat Abdelhamid Sabiri dan Zakaria Aboukhlal.

Selain mencetak kemenangan ketiganya usai menang atas Belgia, Maroko juga mencetak rekor lainnya di Piala Dunia 2022.

Kemenangan 2-0 atas Belgia membuat Maroko menjadi tim kedua di Piala Dunia 2022 yang belum kebobolan satu gol pun, bersama Polandia.

Dengan kiprah ini, bukan tidak mungkin Maroko bisa lolos dari grup F Piala Dunia 2022 dan mengulangi pencapaian generasi emas di Piala Dunia 1986 dengan lolos ke babak 16 besar.

Apalagi di laga terakhir grup F nanti, Maroko akan berhadapan dengan Kanada, tim yang belum sekalipun meraih kemenangan dan menjadi penghuni dasar klasemen grup F Piala Dunia 2022.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More