Rauhanda Riyantama
Stadion 974, venue Piala Dunia 2022 paling unik karena terbuat dari kontainer. (Twitter)

Bolatimes.com - Mengenal salah satu venue Piala Dunia 2022 di Qatar yang memiliki konsep unik, yakni terbuat dari kontainer yang diberi nama Stadion 974.

Seperti Piala Dunia sebelum-sebelumnya, setiap negara yang ditunjuk sebagai tuan rumah akan melakukan persiapan matang guna menyambut ajang empat tahunan ini.

Persiapan yang paling utama dilakukan adalah soal infrastruktur, yang meliputi ruang publik untuk penonton yang datang, serta stadion guna tempat pertandingan.

Baca Juga:
3 Klub Liga 1 yang Paling Agresif di Bursa Transfer, Boyong Nama-nama Lokal Top

Stadion menjadi salah satu infrastruktur yang vital dalam menyambut Piala Dunia. Menyadari hal itu, Qatar yang akan menjadi tuan rumah edisi 2022, melakukan pembangunan sejak jauh-jauh hari.

Stadion 974, venue Piala Dunia 2022 paling unik karena terbuat dari kontainer. (GABRIEL BOUYS / AFP)

Hingga akhirnya kini Piala Dunia 2022 hanya tersisa hitungan bulan saja, Qatar telah mendirikan beragam stadion mewah yang akan menjadi venue penyelenggaraan.

Dari tujuh stadion yang dipersiapkan menjadi venue, ada satu stadion yang benar-benar menarik perhatian banyak penikmat sepak bola. Stadion itu bernama Ras Abu Aboud Stadium yang dikenal sebagai Stadion 974.

Baca Juga:
Segrup Lagi dengan Timnas Indonesia U-23, Media Vietnam Sombongkan Hasil SEA Games Edisi Lalu

Stadion ini menarik perhatian bukan karena bentuknya, melainkan bahan yang digunakan untuk membangun stadion itu. Diketahui, Stadion 974 ini dibuat dengan menggunakan kontainer pengiriman baja bekas.

Lantas, seperti apa bentuk stadion ini dan siapa yang akan menggunakan stadion tersebut?

Stadion dari Kontainer Bekas

Baca Juga:
Profil Muhammad Osamanmusa, Pivot Muslim Timnas Thailand di Piala AFF Futsal 2022

Stadion Ras Abu Aboud atau Stadion 974 ini merupakan stadion yang dibuat oleh Fenwick Iribarren Architects, sebuah perusahaan arsitektur asal Spanyol.

Stadion ini sendiri berdiri di distrik Ras Abu Aboud yang dekat dengan Bandara Internasional Hamad, Bandara Doha, dan Pelabuhan Doha. Hal tersebut membuat stadion tersebut dinamai Ras Abu Aboud.

Selain itu, stadion ini juga memiliki nama lain yakni dengan angka 974, yang merujuk pada kode panggilan internasional Qatar.

Stadion ini terbilang unik karena dibuat dengan menggunakan kontainer bekas. Alhasil, stadion ini bisa dibongkar pasang sesuai kebutuhan.

Karenanya, Stadion 974 ini menjadi stadion pertama di dunia yang bisa dibongkar pasang secara utuh.

Stadion 974, venue Piala Dunia 2022 paling unik karena terbuat dari kontainer. (GABRIEL BOUYS / AFP)

Meski menggunakan kontainer bekas sebagai bahan utamanya, stadion ini seharusnya dipasang Air Conditioner (AC) mengingat panasnya cuaca di Qatar.

Namun faktanya, Stadion 974 ini tak akan menggunakan AC dan menjadi satu-satunya venue yang tak akan menggunakan AC di Piala Dunia nanti.

Stadion 974 memilih menggunakan teknologi pendingin alami yang didapat dari desainnya, sehingga stadion ini punya ventilasi alami yang bisa menerima udara yang berasal dari laut.

Karena dekat dengan pelabuhan dan bandara pula, Stadion 974 ini sangat muda diakses oleh para penonton yang nantinya hadir langsung ke Qatar.

Sedangkan Stadion 974 ini memiliki kapasitas 40 ribu kursi dan dijadwalkan akan menyelenggarakan pertandingan yang melibatkan Argentina, Polandia, Denmark, Brasil, Swiss, Prancis, Portugal dan Ghana.

(Kontributor: Vikal Pamungkas)

Load More