Irwan Febri Rialdi
Pemain Timnas Vietnam, Nguyen Thanh Binh, usai mencetak gol ke gawang Timnas Jepang. (Charly Triballeau/AFP)

Bolatimes.com - Nguyen Thanh Binh menjadi salah satu pemain timnas Vietnam yang mengejutkan timnas Jepang pada laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Sebab, Nguyen Thanh Binh sukses mencetak gol ke gawang Jepang dan membawa timnas Vietnam unggul terlebih dahulu pada menit ke-19.

Namun, pada duel yang berlangsung di Stadion Saitama, Jepang, Selasa (29/3/2022) itu, timnas Jepang berhasil menyamakan kedudukan lewat gol Maya Yoshida (54’).

Baca Juga:
Update Negara yang Lolos ke Piala Dunia 2022, Cristiano Ronaldo Dkk Jadi yang Terbaru

Hasil imbang ini cukup mengejutkan karena timnas Vietnam tak memiliki rekam jejak yang apik di babak ketiga Grup B Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Sebab, dari 10 pertandingan, Vietnam hanya mampu sekali menang dan satu kali meriah imbang. Adapun delapan laga lainnya selalu berakhir dengan kekalahan.

Terlepas dari kegagalan itu, satu gol yang dicetak oleh Nguyen Thanh Binh ke gawang timnas Jepang terhitung spesial.

Baca Juga:
Kalahkan Makedonia Utara, Timnas Portugal Lolos ke Piala Dunia 2022

Sebab, ini menjadi gol debutnya bersama timnas Vietnam di level internasional. Tentu, gol ini sangat istimewa karena bersarang di gawang timnas Jepang.

Berikut Bolatimes.com menyajikan profil Nguyen Thanh Binh, bek timnas Vietnam yang mencetak gol ke gawang timnas Jepang.

Nguyen Thanh Binh merupakan pesepak bola kelahiran Vu Thur, Thai Binh, pada 2 November 2000. Saat ini, bek tengah berpostur 180 cm itu masih berusia 21 tahun.

Baca Juga:
Jakarta International Stadium segera Rampung, Kapasitasnya Melebihi San Siro!

Pada awal kariernya, Nguyen Thanh Binh berlatih sepak bola bersama akademi Viettel. Setelah itu, ia dilepas ke Hue FC dengan status pinjaman untuk mendapatkan menit bermain.

Seusai masa peminjamannya berakhir, bek berusia 21 tahun ini kembali dipinjamkan ke Binh Dinh FC untuk mendapatkan jam terbang yang lebih banyak.

Baru pada akhir tahun 2020, dia kembali ke tim junior Viettel dan dipromosikan ke tim utama klub yang berkompetisi di kasta tertinggi Liga Vietnam tersebut.

Baca Juga:
Hajar Swedia, Timnas Polandia Pastikan Tempat di Piala Dunia 2022

Meskipun masih berusia sangat muda, pelatih timnas Vietnam, Park Hang Seo, sudah memberikan kepercayaan kepada Thanh Binh.

Sebab, pada babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, ia diberi kesempatan debut ketika Vietnam menghadapi Australia.

Setelah itu, dia dipasang sebagai pemain pengganti sebanyak dua kali, yakni ketika berjumpa China dan Oman.

Lalu, pada pertandingan terakhir melawan Jepang, Park Hang Seo memberikan kesempatan penuh kepada bek berusia 21 tahun ini.

Dia dipasang sebagai starter, mencetak gol, dan bermain penuh sepanjang pertandingan. Kiprah ini sangat istimewa bagi pemain muda seperti Nguyen Thanh Binh. Sebab, ia mendapat kesempatan bermain di level tertinggi saat masih berusia muda.

Kontributor: Muh Adif Setiawan

Load More