Irwan Febri Rialdi | Arif Budi Setyanto
Tatapan sendu Marco Verratti usai gagal antar Italia lolos ke Piala Dunia 2022 akibat kalah dari Makedonia Utara 0-1 di babak playoff. (ALBERTO PIZZOLI / AFP)

Bolatimes.com - Italia merupakan kampiun Euro 2020, tapi Gli Azzurri gagal memastikan diri ke Piala Dunia 2022. Sebab, mereka kalah tipis 0-1 dari Makedonia Utara di babak playoff, Jumat (25/3/2022) dini hari WIB.

Makedonia berhasil menang 1-0 berkat gol tunggal Aleksandar Trajkovski di injury time, tapatnya pada menit ke-92. Kekalahan ini jadi pil pahit bagi anak asuh Roberto Mancini.

Setelah tampil menawan di Euro 2020 dan meraih juara, Gli Azzurri malah tak bisa lolos ke Piala Dunia. Pedihnya lagi, ini merupakan kedua kalinya secara beruntun mereka gagal mentas di ajang tertinggi antardunia.

Baca Juga:
Di Ambang Rekor, Stefano Cugurra bakal Jadi Pelatih Pertama yang Juara Liga 1 Tiga Kali Beruntun

Nah, ternyata bukan hanya Italia saja yang gagal lolos ke Piala Dunia usai menjuarai Euro. Setidaknya ada tiga negara yang sebelumnya bernasib sama

1. Cekoslovakia

Cekoslovakia merupakan negara yang kini pecah jadi Republik Ceko dan Slovakia. Negara tersebut pernah jadi juar Euro pada edisi tahun 1976.

Baca Juga:
Persikota Gagal Promosi ke Liga 2, Prilly Latuconsina Disemangati Menpora

Meski berstatus juara Euro 1976, Cekoslovakia gagal lolos ke ajang Piala Dunia tahun 1978 yang digelar di Argentina.

Pasalnya, Cekoslovakia kalah saing dalam babak kualifikasi. Mereka satu grup dengan Skotlandia dan Wales.

Sayangnya, Cekoslovakia gagal lanjut ke putaran final Piala Dunia 1978 usai kalah dua kali di babak kualifikasi. Dalam grup itu, Skotlandia yang sukes lolos.

Baca Juga:
Arema FC Lumat Tira Persikabo 3-1, Berikut Klasemen Terbaru Liga 1 2021

2. Denmark

Peter Schmeichel dan Kasper Schmeichel (Sumber: twitter)

Denmark berhasil menjadi juara dalam edisi Euro 1992. Kala itu, tim berjuluk Danish Dynamite diisi pemain top seperti Peter Schmeichel, hingga Brian Laudrup.

Mereka pun akhirnya menang Euro 1992 usai mengalahkan Jerman di partai final.

Baca Juga:
Persipura Jayapura Hajar PSIS Semarang 4-0, Berikut Klasemen Terbaru Liga 1 2021

Sayangnya, Denmark yang berstatus juara Euro 1992 gagal melaju ke Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat.

Denmark gagal lolos karena kalah saing dari Spanyol yang menjadi juara grup dan Republik Irlandia yang menempati runner up.

3. Yunani

Yunani merupakan negara kejutan yang berhasil juar euro 2004. Mereka sukses mengalahkan Portugal yang lebih diungulan dalam laga final.

Usai meraih kejayaan di Euro 2004, Yunani harus gigit jari di Piala Dunia 2006.

Pada laga kualifikasi terakhir, Yunani padahal menang atas Georgia. Namun, di laga lain, Turki juga menang dari Albania.

Itu memupuskan harapan Yunani ke Piala Dunia 2006. Di grup tersebut Ukraina yang berhasil langsung lolos ke putaran final yang digelar di Jerman.

Load More