Irwan Febri Rialdi
Pathompol Charoenrattanapirom bersama Teerasil Dangda. (Instagram/@changsuek)

Bolatimes.com - Pathompol Charoenrattanapirom menjadi salah satu pahlawan Timnas Thailand di laga perdana Grup A Piala AFF 2020.

Menghadapi Timor Leste, Minggu (5/12/2021), Charoenrattanapirom menyumbang satu gol dalam kemenangan 2-0 yang diraih oleh Thailand.

Gol Charoenrattanapirom terbilang penting karena membuka kran gol Thailand yang cukup kesulitan membongkar pertahanan Timor Leste. Akhirnya, Supachock Sarachat memastikan kemenangan Thailand di menit ke-81.

Baca Juga:
Kejuaraan Dunia Badminton 2021 Segera Digelar, Indonesia Kirimkan 16 Wakil

Lantas siapa Pathompol Charoenrattanapirom ini, berikut ulasan profil ringkasnya.

Profil Pathompol Charoenrattanapirom

Sebagai pemain yang masuk ke skuat Thailand di Piala AFF 2020, nama Pathompol Charoenrattanapirom tidak terlalu mentereng dibandingkan deretan penyerang lain yang dibawa Thailand.

Baca Juga:
Sejarah Ban Kapten Pelangi Khas LGBT yang Gemparkan Piala AFF 2020

Charoenrattanapirom lahir di Bangkok, Thailand, pada 21 April 1994. Karier sepak bolanya mulai dirintis ketika dirinya bersekolah di Assumption College Thonburi.

Selain bersekolah, Charoenrattanapirom juga bermain sepak bola di sana sejak 2007. Bakatnya yang dinilai menonjol membuatnya direkrut oleh Muangthong United pada 2012.

Namun, dia menghabiskan musim pertamanya dengan masa peminjaman ke Assumption United yang bermain di divisi 3 Liga Thailand.

Baca Juga:
Atlet Dikritik soal Bonus, Netizen Ramaikan Tagar 'Apresiasi untuk Atlet'

Nasib Charoenrattanapirom tak kunjung membaik di Muangthong, dia kembali dipinjamkan ke klub lain mulai dari Nakhon Nayok hingga Samut Songkhram.

Dia akhirnya memutuskan pindah ke Pattaya United pada 2016. Charoenrattanapirom mulai mendapat banyak kesempatan dengan bermain 12 kali di Liga Thailand dan mampu mencetak 2 gol serta 3 assist.

Charoenrattanapirom lantas melanjutkan perjalanannya ke Chiangrai United di musim 2016/17. Di sana dia mencatatkan 21 penampilan dan mencetak 4 gol di semua kompetisi.

Baca Juga:
Profil Safuwan Baharudin, Bek Singapura yang Rajin Berkarier di Luar Negeri

Di pertengahan musim 2017/18, Charoenrattanapirom dipinjamkan ke klub Police Tero.  Namun, dia tak banyak mendapat kesempatan di sana dengan hanya bermain 23 kali di semua kompetisi tanpa mencetak satupun gol.

Lantas pada musim 2020/21, Pathompol Charoenrattanapirom pindah ke Pathum United. Di sana dia menuai sukses dengan membawa Pathum United menjuarai Liga Thailand dan Piala Thailand di musim perdananya.

Penampilan apik tersebut berlanjut di musim 2021/22 di mana Charoenrattanapirom sudah berlaga di 12 partai dengan mencetak 2 gol dan 2 assist.

Atas penampilan impresifnya itu pula, Pathompol Charoenrattanapirom untuk pertama kalinya dipanggil ke tim nasional Thailand pada 2021. Gol ke gawang Timor Leste pun tercatat menjadi gol debutnya buat tim 'Gajah Perang'.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More