Rauhanda Riyantama
Potret Philip Lahm membobol gawang Timnas Turki pada Semifinal Euro 2008 (UEFA.com)

Bolatimes.com - Pertandingan Euro tentunya menjadi pertandingan yang selalu ditunggu-tunggu oleh para pecinta sepak bola di dunia. Sepakbola Eropa dihuni sejumlah pemain hebat yang tak jarang mendapatkan penghargaan bersama klub maupun timnasnya.

Setiap menit berjalannya pertandingan akan menjadi penentu kemenangan sebuah tim yang selalu menjadi perhatian bagi para penonton di stadion maupun di televisi. Namun bagaimana jika momen penting dalam pertandingan hilang dari layar televisi hampir di seluruh dunia? Momen tersebut terjadi pada gelaran semifinal Euro 2008.

Pertandingan semifinal Euro 2008 tersebut mempertemukan Timnas Jerman kontra Timnas Turki yang bertanding di Stadion St. Jakob-Park, Basel, Swiss. Pada pertandingan saat itu penonton televisi tidak dapat menyaksikan pertandingan selama kurang lebih 6 - 10 menit. Faktor terjadinya hal tersebut karena gangguan yang disebabkan cuaca buruk.

Baca Juga:
Profil Kaya FC-Iloilo, Kalah Lawan PSM tapi Main di Liga Champins Asia

Cuaca buruk tersebut dikarenakan hujan deras yang diikuti oleh petir dan angin kencang dengan kecepatan 87 meter/detik menerjang Vienna, Austria yang membuat listrik terputus hingga 3 kali. Gangguan tersebut terjadi pada babak kedua Jerman vs Turki. Hampir seluruh televisi terkena dampaknya kecuali SCB dan Al-Jazeera.

Gangguan tersebut menyebabkan penonton televisi tidak dapat menyaksikan dua gol yang dicetak oleh Miroslav Klose pada menit ke-79 dan Semih Senturk pada menit ke-86 tersebut. Hingga pada menit ke-90, Philip Lahm mencetak gol ke gawang Turki yang menyebabkan skor pertandingan tersebut berakhir dengan kekalahan Turki melawan Jerman dengan skor 3-2.

Penonton Euro 2008 di Inggris saat itu terpaksa beralih ke Radio 5 Live yang juga menyiarkan pertandingan semifinal Jerman vs Turki. Disamping itu, stasiun televisi Jerman mengalami dampak yang besar akan gangguan tersebut.

Baca Juga:
5 Pemain Terbaik di Copa America 2021 Sejauh Ini

Banyak penonton kecewa yang berdampak pada rating televisi. Terdapat wacana gugatan hukum terhadap UEFA karena masalah gangguan tersebut.

Meskipun banyak berbagai pihak yang kecewa dan merasa rugi, tidak ada gugatan resmi terhadap EUFA. Terlepas dari hal tersebut, insiden itu tetap menjadi kelalaian dari pihak UEFA dalam menyiarkan pertandingan semifinal Euro 2008. 

Baca Juga:
Panas-panasan Pakai Dress Hitam, Dinar Candy Disebut Makin Hot

Kontributor: Muhammad Zuhdi Hidayat
Load More