Agung Pratnyawan | Andiarsa Nata
Ekspresi Mesut Ozil usai dikalahkan oleh Korea Selatan di Piala Dunia 2018 (Luis Acosta/AFP)

Bolatimes.com - Presiden Federasi Sepak Bola Jerman (DFB), Reinhard Grindel mengaku menyesal mengenai sikapnya dalam menangani kasus Mesut Ozil yang berujung pada pensiunnya sang pemain tersebut.

Usai Piala Dunia 2018, Mesut Ozil secara mengejutkan memilih mundur atau pensiun dari Timnas Jerman. Keputusan itu dibuat Ozil lantaran perlakuan rasis yang ia dapatkan oleh publik Jerman dan perlakuan yang Ozil dapatkan dari Reinhard Grindel.

Awalnya, keputusan mundurnya Ozil berkaitan dengan pertemuannya dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan sebelum gelaran Piala Dunia 2018. Pertemuannya dengan Erdogan itu dianggap sebagai pemicu Ozil memutuskan untuk pensiun.

Baca Juga:
Pemain ini Ceraikan Miss Nigeria 2013 Demi Miss Nigeria 2014

Ditambah dengan gagalnya Ozil membawa Timnas Jerman berbicara banyak di Piala Dunia 2018 membuat publik Jerman semakin mengecap Ozil adalah penyebab kalahnya skuat Der Panzer di ajang empat tahunan tersebut.

Kini setelah semua itu berakhir dan Ozil resmi pensiun, Reinhard Grindel mengaku menyesal dengan perlakukannnya ke mantan penggawa Real Madrid itu. Grindel mengatakan ia seharusnya bisa memberikan perlakungan yang lebih kepada Ozil.

Mesut Ozil. (Sumber: Instagram/@m10_official).

Dalam pernyataannya juga Grindel memberikan pembelaan bahwa dirinya tidak pernah mengkritik penampilannya di Piala Dunia 2018. Baginya, Jerman kalah dan menang harus tetap bersama.

Baca Juga:
Karya Seni Lionel Messi Kembali Selamatkan Barcelona

"Mengenai serangan rasis, saya bisa mengambil posisi yang lebih jelas di beberapa titik dan berdiri di depan Mesut Ozil. Saya seharusnya menjelaskannya dengan kata-kata saya. Serangan seperti itu benar-benar tidak dapat diterima. Saya menyesal bahwa dia merasa ditinggalkan oleh DFB," ucap Reinhard Grindel seperti yang dilansir FourFourTwo.

"Namun penting untuk dikatakan, bahwa saya tidak mengatakan apapun tentang penampilan olahraganya setelah Piala Dunia. Bagi saya, jelas bahwa kami menang bersama dan kalah bersama. Untuk membuat seorang pemain yang bertanggung jawab atas tersingkirnya kami (di Piala Dunia) itu adalah hal yang konyol," tambah Grindel.

Sebelumnya Mesut Ozil memang menyebutkan dalam pernyataan resmi mundurnya dari Timnas Jerman itu bahwa ia tidak menyukai perlakuan Reinhard Grindel. Ozil mengatakan kecewa dengan tindakan Grindel yang tidak menghormati darah keturunan Turkinya.

Baca Juga:
Jose Mourinho Geram dengan Film Dokumenter Manchester City

Load More