Tinwarotul Fatonah | Andiarsa Nata
Mesut Ozil/Twitter

Bolatimes.com - Mesut Ozil sudah dengan matang menyatakan dirinya pensiun dari Tim Nasional Jerman. Pengumuman mundurnya itu Ozil utarakan berkaitan dengan sikap diskriminasi yang ia dapatkan dan merasa sudah tidak dihormati lagi.

Mundurnya pemain berusia 29 tahun itu berkaitan dengan pertemuannya dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan sebelum gelaran Piala Dunia 2018. Pertemuannya dengan Erdogan itu dianggap sebagai  pemicu Ozil memutuskan untuk pensiun.

Pertemuan Ozil dengan Endorgan juga ditemani oleh rekan setimnya di skuat Jerman yang juga berdarah Turki, yakni Ilkay Gundogan. Kedua pemain ini pun mendapatkan kritik pedas atas pertemuan tersebut.

Baca Juga:
Aduh, Loris Karius Lakukan Blunder Lagi saat Lawan Dortmund

Setelah Jerman tersingkir dari Piala Dunia 2018, Mesut Ozil kembali mendapatkan kritikan karena gagalnya Die Mannschaft di ajang empat tahunan tersebut. Menurut Ozil, ia dijadikan kambing hitam atas kegagalan Jerman tersebut.

Gelandang Arsenal ini pun melayangkan kritik keras kepada Presiden DFB (Perhimpunan Sepak Bola Jerman), Reinhard Grindel atas perlakuannya kepada Ozil.

Mesut Ozil. (Sumber: Dok. Marca)

"Di mata Grindel dan para pendukungnya, saya orang Jerman ketika kami menang, tetapi saya seorang imigran ketika kami kalah. Saya tidak akan lagi menjadi kambing hitam karena ketidakcapakan dan ketidakmampuannya untuk melakukan pekerjaannya dengan benar," tulis Ozil dalam pernyataan resminya yang dilansir The Guardian.

Baca Juga:
FIFA Puas dan Anggap VAR Masa Depan untuk Dunia Sepak Bola

"Saya kecewa tetapi tidak terkejut dengan tindakan (Grindel). Tapi ketika pejabat tinggi DFB tidak menghormati darah Turki saya dan secara egois mengubah saya menjadi propaganda politik, maka cukup sudah cukup," lanjutnya.

Atas sejumlah perlakukan yang Ozil dapatkan itu lah ia memutuskan untuk tidak lagi memperkuat Timnas Jerman. Perlakuan rasis dan tidak dihormati sudah membuatnya dengan matang memutuskan untuk tidak lagi membela Timnas Jerman.

“Ini dengan berat hati dan setelah banyak pertimbangan bahwa karena peristiwa baru-baru ini saya tidak lagi bermain untuk Jerman di tingkat internasional sementara saya memiliki perasaan rasisme dan tidak hormati," terang Ozil

Baca Juga:
Hindari Paparazi, Cristiano Ronaldo Bayar Staf Hotel Rp 340 Juta

"Saya dulu memakai baju Jerman dengan kebanggaan dan kegembiraan, tapi sekarang tidak. Saya merasa tidak diinginkan dan berpikir bahwa apa yang telah saya capai sejak debut internasional saya di tahun 2009 telah dilupakan,” tutupnya.

Mesut Ozil mundur dari Timnas Jerman dengan mencatatkan 92 caps dengan torehan 23 gol dan 33 assist. Ozil juga berperan ketika Jerman menjuarai Piala Dunia 2014.

Baca Juga:
Persebaya Berniat Kembali Datangkan Pemain Asing

Load More