Galih Priatmojo
Presiden Joko Widodo (kiri) dan Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Prabowo Subianto (kanan) dipeluk Pesilat Hanifah Yudani Kusumah saat merayakan emas di cabang olahraga Pencak Silat Asian Games 2018 di Padepokan Pencak Silat di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Rabu (29/8). (ANTARA FOTO/Kumparan/INASGOC/Aditia Noviansyah)

Bolatimes.com - Demi mengulang sukses di ajang Asian Games 2018 lalu, cabang olahraga (cabor) pencak silat kini tengah didorong menembus multi event yang lebih tinggi, yakni Olimpiade. Menpora Imam Nahrawi pun melakukan gerilya hingga ke Eropa.

Penampilan gemilang para atlit pencak silat di ajang Asian Games 2018 lalu tampaknya menjadi perhatian besar pemerintah terutama dalam hal ini Kementrian Pemuda dan Olahraga. Mereka pun mendorong cabor pencak silat bisa naik kelas ke ajang Olimpiade. Demi mewujudkan itu, Menpora Imam Nahrawi selaku perwakilan pemerintah dalam bidang olahraga, terus mempromosikan pencak silat ke negara-negara lain. 

''Kemenpora bersama Kemenlu nanti akan terus bekerja bersama-sama untuk mengembangkan (pencak silat) ke negara-negara lainnya, karena persyaratan untuk bisa dipertandingkan pada Olimpiade yakni minimal terdapat 70 - 75 negara anggota,'' kata Imam Nahrawi seperti dikutip dari Suara.com, Rabu (24/10/2018).

Baca Juga:
Campur Tangan Anthony Sinisuka Buat Jojo Menang di Prancis Open

Menpora pun langsung melakukan gerilya. Teranyar, Nahrawi baru saja mempromosikan cabor pencak silat di Belanda. Dirinya berharap ke depannya keikutsertaan negara lain bisa terus bertambah.

Saat ini, federasi cabor pencak silat internasional telah mencapai 49 negara anggota yang tersebar di seluruh penjuru dunia.

VIDEO: Kisah Heroik Atlit Pencak Silat di Asian Games 2018

Baca Juga:
Ini Jadwal Wakil Indonesia yang Berlaga di Prancis Open Hari Ini

Di kawasan Asia, terdapat 18 negara yang telah memiliki federasi cabang olahraga warisan budaya Tanah Air itu. Sisanya tersebar di negara-negara Eropa, Afrika, hingga Amerika.

''Bagi saya pencak silat adalah warisan olahraga dan budaya Indonesia, yang harus terus kita kembangkan. Saya senang melihat pencak silat mendapat sambutan yang luar biasa di Negeri Belanda,'' kata Imam Nahrawi di kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI), Den Haag, Belanda.

''Di pentas Asian Games 2018 lalu, pencak pilat mendapat sambutan dan perhatian yang luar biasa dari negara-negara Asia. Untuk bisa masuk Olimpiade, pemerintah tidak akan pernah berhenti untuk melakukan gerilya promosi ke banyak negara, demi mengantarkan pencak silat ke pentas dunia,'' imbuhnya.

Baca Juga:
Egy: Jepang Bisa Dilawan, yang Tak Bisa Cuma Tuhan dan Orang Tua

 

Berita ini sudah dimuat di suara.com

Baca Juga:
Kocak, Aksi Pura-Pura Sakit Todd Rivaldo Bikin Netizen Tertawa

Load More