Rauhanda Riyantama | Adie Prasetyo Nugraha
Menpora Dito Ariotedjo setelah Timnas Indonesia meraih emas SEA Games 2023 di Olympic Stadium Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023). ANTARA/Bayu Kuncahyo

Bolatimes.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, sudah mengirimkan daftar 30 nama pemain diaspora yang diproyeksikan membela Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023.

Dari 30 pemain tersebut di mana 17 diantaranya sudah memiliki paspor Indonesia. Sisanya belum punya sehingga ada beberapa tahapan sebelum pada akhirnya membela tim Merah Putih.

"Kalau terkait pemain keturunan atau diaspora kita dari database yang sudah dikumpulkan Kemenpora dibawah departemen diaspora kita itu kita sudah memberikan kepada PSSI," kata Dito Ariotedjo di Jakarta, Jumat (7/7/2023).

Baca Juga:
CEK FAKTA: Pratama Arhan Pindah ke Liga Brasil dan Jadi Transfer Paling Mahal Liga Jepang

Dito menjelaskan data-data tersebut sudah diberikan kepada Ketua umum PSSI Erick Thohir. Bahkan, Pelatih Timnas Indonesia U-17 Bima Sakti sudah mengetahuinya.

"Dan sudah diterima langsung oleh Ketum PSSI (Erick Thohir). Dan langsung diberikan kepada coach Bima di mana kita telah mendata sementara ada 17 (pemain) yang berpaspor Indonesia," jelasnya

"Sisanya ada sekitar 13 lagi tapi itu belum berpaspor," sambung lelaki berusia 32 tahun tersebut.

Baca Juga:
Link Live Streaming Persebaya Surabaya vs Barito Putera di BRI Liga 1 2023: Kick Off 15.00 WIB

Sebelumnya, Pelatih Bima Sakti sudah mengisyaratkan bakal menjajal beberapa pemain keturunan untuk membela Timnas Indonesia U-17. Rencananya, diaspora akan ikut TC yang diadakan dalam waktu dekat ini.

Meski begitu, para diaspora belum tentu masuk skuad Timnas Indonesia U-17. Nantinya tergantung dari pilihan Bima Sakti.

"Kami akan tetap berikan (data pemain diaspora) supaya menjadi opsi Coach Bima Sakti seleksi potensi para atlet muda," pungkasnya.

Baca Juga:
Media Vietnam Takjub dengan Kekuatan Timnas Putri Indonesia U-19 di Piala AFF Wanita U-19

Adapun Piala Dunia U-17 2023 akan berlangsung pada 10 November sampai 2 Desember mendatang. Namun, sampai sekarang belum diketahui di mana venue pertandingannya.

Load More