Irwan Febri Rialdi
Para pemain Manchester City merayakan gol Kevin De Bruyne ke gawang Real Madrid. (JAVIER SORIANO / AFP)

Bolatimes.com - Manchester City batal dihukum larangan dua tahun berkompetisi di Liga Champions atau kompetisi Eropa oleh UEFA. Ini setelah The Citizens --julukan Manchester City-- menang banding di Mahkamah Arbitrasi Olahraga (CAS).

Seperti dilansir Bleacher Report Football, putusan ini dikeluarkan oleh CAS yang bermarkas di Lausanne, Swiss, Senin (13/7/2020) sore WIB.

CAS akhirnya memutuskan bahwa Manchester City tidak melanggar aturan Financial Fair Play (FFP) karena menyamarkan pendanaan ekuitas sebagai dana sponsor.

Baca Juga:
Napoli Ditahan AC Milan, Berikut Klasemen Terbaru Serie A Italia 2019/20

Akan tetapi, CAS tetap menjatuhkan denda 10 juta euro (sekira Rp 163 miliar) lantaran Manchester City tidak kooperatif dengan UEFA.

Selama ini, kubu Manchester City memang selalu membantah keras melakukan kesalahan atas tuduhan sengaja menaikkan nilai pendapatan dari sponsor yang berkaitan dengan Grup Abu Dhabi United pimpinan Sheikh Mansour yang menjadi pemilik klub, untuk menghindari melanggar aturan FFP antara 2012 sampai 2016.

Pada Februari 2020 lalu, UEFA memberi denda 30 juta euro (sekira Rp 491 miliar) kepada klub Premier League tersebut, serta menangguhkan keikutsertaan mereka dari kompetisi Eropa selama dua musim, berlaku mulai musim 2020/2021.

Baca Juga:
Leicester City Dibantai & Arsenal Kalah, Ini Klasemen Terbaru Liga Inggris

Manchester City sudah mengunci posisi runner-up di Liga Inggris 2019/2020 sehingga otomatis seharusnya sudah lolos ke fase grup Liga Champions musim depan, namun mereka sempat harus menunggu putusan CAS ini.

"Hari ini, secara matematis kami sebenarnya sudah mencapai kelolosan ke Liga Champions," kata pelatih Pep Guardiola pada Minggu (12/7/2020), setelah Manchester City melibas tuan rumah Brighton 5-0 yang menyegel status sebagai runner-up ini.

Well, dengan putusan CAS ini, pada Liga Champions musim depan Inggris praktis sudah memastikan Liverpool dan Manchester City sebagai dua dari empat wakilnya.

Baca Juga:
Namai Anaknya Ronaldo, Ini Alasan Striker Persib Bandung

Akibat putusan ini pula, tiga tim semakin sengit bersaing menjadi dua wakil Inggris lainnya untuk Liga Champions musim depan.

Chelsea, Leicester City dan Manchester United saat ini bersaing ketat untuk finis empat besar.

Manchester United berpeluang naik ke peringkat tiga jika pada Selasa (14/7/2020) dini hari WIB nanti menang melawan Southampton di Old Trafford dalam laga matchweek 35 Liga Inggris 2019/2020.

Baca Juga:
Resmi, Anak David Beckham Tunangan dengan Aktris Cantik Amerika Serikat

Ini setelah Chelsea dan Leicester terjungkal masing-masing dari Sheffield United dan Bournemouth pada gelaran pekan ke-35.

Wolves yang saat ini menghuni urutan keenam klasemen juga siap menyalip andai Chelsea, Leicester dan Manchester United tergelincir di tiga matchweek pamungkas Liga Inggris musim ini.

Penulis: Rully Fauzi

Load More