Galih Priatmojo
Bintang Tottenham Hotspur asal Korea Selatan, Son Heung-min. (Ben Stansall/AFP).

Bolatimes.com - Dugaan tindakan rasisme kembali menerpa Tottenham Hotspur. Setelah beberapa waktu lalu dua orang fans Spurs ketahuan melakukan gesture rasis terhadap sesama fans berwajah asia, kini giliran penyerang Son Heung Min yang jadi korban.

Aksi tak terpuji itu disebut terjadi saat Spurs menjamu Manchester United di Wembley, Senin (14/1/2019) dini hari lalu. Yang mengejutkan, seperti dilaporkan media-media ternama Inggris, tindakan rasis tersebut justru dilakukan oleh pendukung Tottenham sendiri.

Pihak klub menyatakan bahwa mereka telah berbicara kepada suporter tersebut, yang membuat pernyataan bernada rasis terhadap Son di media sosial.

Baca Juga:
Catat! Ini Jadwal Laga dan Siaran Langsung Babak 32 Besar Piala Indonesia

Kasus pelecehan ini sendiri awalnya diketahui oleh seorang penonton bernama James Dickens, yang juga merupakan pendukung Tottenham, dan langsung melaporkannya ke pihak klub. Dickens merasa ucapan oknum suporter itu tidak pantas diucapkan kepada penyerang sayap asal Korea Selatan berusia 26 tahun tersebut.

"Kami sedang menyelidiki insiden yang merupakan dugaan pernyataan rasial. Karena insiden terjadi di kandang, kami belum memastikan apakah pihak yang mengeluarkan pernyataan rasis itu pendukung Tottenham Hotspur atau tidak," demikian disampaikan juru bicara Tottenham seperti dikutip dari BBC Sport.

"Setiap tindak rasis, diskriminasi atau sikap antisosial, tidak bisa dibenarkan oleh klub. Kami memiliki aturan ketat, tidak menolerir sedikit pun dan akan mengambil tindakan terhadap siapa pun yang bersikap atau menggunakan bahasa yang menunjukkan sikap permusuhan atau pelanggaran."

Baca Juga:
Lepas dari Kas Hartadi, Kalteng Putra Dapatkan Pelatih Anyar Asal Brasil

Bagi Tottenham, kejadian ini bukanlah yang pertama. Sebelum ini, oknum suporter Tottenham juga diketahui bertindak rasis ketika The Lilywhites menghadapi Arsenal di Emirates Stadium pada laga lanjutan Liga Inggris 2018/2019, awal Desember 2018 lalu.

Saat itu, oknum fans Tottenham melemparkan kulit pisang kepada penyerang Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang. Sang pelaku pun kemudian diberi hukuman larangan terlibat di segala jenis aktivitas sepakbola selama empat tahun.

Baca Juga:
Nekat, Ederson Moraes Menjelma Jadi Gelandang Saat Lawan Wolverhampton

Load More