Galih Priatmojo | Andiarsa Nata
Pelati Manchester United, Jose Mourinho (Oli Scarff/AFP)

Bolatimes.com - Karier kepelatihan Jose Mourinho di Manchester United telah resmi berakhir pada Selasa (18/12/2018). Mourinho tercatat telah menukangi Setan Merah selama kurang lebih dua setengah tahun. Bersamaan dengan itu, ada beberapa fakta menarik di balik dipecatnya The Special One.

Jose Mourinho dipecat dua hari setelah kekalahan menyakitkan 3-1 melawan Liverpool di pekan ke-17 Liga Primer pada Minggu (16/12/2018). Usai kekalahan itu, kabar pemecatan Mourinho memang sempat merebak.

Kini kabar itu pun menjadi kenyataan, Mourinho dipecat saat memasuki musim ketiganya bersama Manchester United. Seperti bagaimana yang diketahui, pelatih asal Portugal itu datang ke Old Traffod pada tahun 2016 menggantikan Louis Van Gaal.

Baca Juga:
3 Hal yang Bikin Fans MU Kangen Jose Mourinho

Karier di Manchester United

Ekspresi Jose Mourinho saat Manchester United dikalahkan Liverpool 1-3 di Stadion Anfield (AFP)

Di musim pertamanya menukangi Manchester United, Jose Mourinho mampu mempersembahkan beberapa gelar di Old Traffrod. Sebut saja seperti trofi Liga Europa, Piala Liga, dan Community Shield berhasil disebet Mourinho.

Akan tetapi memasuki musim kedua, performa Manchester United di bawah arahan Jose Mourinho mulai menurun. Setan Merah terpaksa puasa gelar di musim 2017/18. Di musim ini juga lah Manchester United gagal meraih trofi Piala FA setelah menelan kekalan tipis 1-0 dari Chelsea di partai final.

Baca Juga:
3 Kandidat Kuat Pelatih Pengganti Jose Mourinho di Man United

Sementara di Liga Primer, saat itu Jose Mourinho membawa Manchester United finis diperingkat kedua dengan mengumpulkan 81 poin. Terpaut 19 poin dari Manchester City yang menjuari Liga Primer.

Memasuki musim 2018/19, perjalanan Jose Mourinho semakin sulit bersama Manchester United. Di awal musim, Setan Merah terseok-seok di klasemen Liga Primer, mereka menemukan kesulitan meraih kemenangan di setiap laga.

Bersamaan dengan penampilan buruk itulah isu pemecetan Jose Mourinho mulai berhembus. Akan tetapi kabar tersebut sempat meredam karena pelatih berusia 55 tahun itu mampu membawa Setan Merah come back.

Baca Juga:
Dua Kali Dipecat di Akhir Tahun, Desember Keramat Buat Mourinho

Namun hal tersebut juga tidak bertahan lama hingga puncaknya kekalahan atas Liverpool di pekan ke-17 Liga Primer. Kekalahan tersebut akhirnya membuat perjalanan Jose Mourinho bersama Manchester United harus berakhir.

Dipecat di musim ketiga

Mohamed Salah dan Jose Mourinho saat masih berada di Chelsea (Glyn Kirk/AFP)

Dengan dipecatnya Jose Mourinho oleh Manchester United saat memasuki musim ketiganya, hal tersebut menambah catatan buruk Mourinho dengan dipecat di musim ketiganya saat melatih sebuah klub.

Baca Juga:
Breaking News - Manchester United Resmi Pecat Jose Mourinho

Kasus seperti di Manchester United ini sempat dirasakan Mourinho saat dirinya menukangi Real Madrid dan Chelsea. Saat itu Jose Mourinho masih menangani Los Blancos pada periode 2010-2013. Setelah berhasil mempersembahkan gelar La Liga di musim 2011, Mourinho kemudian dipecat satu musim setelahnya atau pada tahun 2013.

Kemudian ketika Jose Mourinho bersama Chelsea, ia bersama The Blues dari periode 2013-2016. Saat itu Mourinho berhasil menyumbang gelar pada musim 2014/15 , setelah itu ia dipecat pada tahun 2016.

Dipecat setelah dikalahkan oleh Jurgen Klopp

Ekspresi pelatih Manchester United, Jose Mourinho saat bersalaman dengan pelatih Liverpool, Jurgen Klopp saat dikalahkan 1-3 di Stadion Anfield (AFP)

Karier kepelatihan Jose Mourinho di sebuah klub bisa dikatakan beberapa kali berakhir karena Jurgen Klopp. Terhitung sudah tiga kali Mourinho dipecat setelah menelan kekalahan dari tim besutan Klopp, termasuk di Manchester United.

Melansir dari Liverpool Echo, ternyata sebelum Jose Mourinho dipecat setelah kalah dari Liverpool yang ditangani oleh Jurgen Kloop, Mourinho juga tercatat mengalami dua hal yang sama ketika masih menangani Real Madrid dan Chelsea.

Saat Jose Mourinho masih menangani Real Madrid, ia dipecat setelah Los Blancos menelan kekalahan 1-4 dari Borussia Dortmund yang dilatih Jurgen Klopp di babak semifinal Liga Champions pada musim 2012/13.

Sementara di Chelsea, Mourinho dipecat pada pertengahan musim 2015/16. Saat itu juga Mourinho dipecat setelah mengalami kekalahan dari Liverpool dengan skor 1-3. Kala itu Jurgen Klopp telah menangani The Reds yang baru saja tiba di Anfield pada 8 Oktober 2015.

Load More