Galih Priatmojo | Andiarsa Nata
Pemain Barcelona Lionel Messi saat melawan PSV Eindhoven di Stadion Camp Nou, Spanyol, Selasa (18/9/2018) (AFP)

Bolatimes.com - Mantan gelandang Barcelona, Thiago Motta mengungkapkan ada perbedaan yang terjadi pada diri Lionel Messi yang ia kenal dulu dengan sekarang, terutama dalam permainan sepak bola.

Thiaggo Motta dan Lionel Messi pernah sama-sama berjuang bersama untuk Barcelona dari perodie 2005 hingga 2007. Motta sendiri adalah pemain yang pernah menimba ilmu di akademi La Masia sejak tahun 1999.

Berdasarkan Transfermarkt, karier Motta di tim senior Barcelona di mulai pada 1 Juli 2001. Sementara Lionel Messi dipromosikan ke tim senior pada 1 Juli 2005. Mulai tahun 2005 itu lah Motta dan Messi bermain bersama hingga mempersembahkan gelar Liga Spanyol, Piala Super Spanyol, hingga Liga Champions.

Baca Juga:
Gagal Lolos, Pelatih Persiraja Minta PSSI Benahi Wasit Liga 2

Namun pada Agustus 2007, Thiago Motta memutuskan hengkang dari Camp Nou dan bergabung dengan Atletico Madrid.

Meski begitu, selama kurang lebih 3 tahun itu sudah cukup bagi Motta untuk mengenal seorang Lionel Messi. Mantan pemain yang kini menjadi pelatih Paris Saint-Germain U-19 itu menilai ada perubahan dalam sosok Messi sekarang dengan yang dulu.

Duel Lionel Messi (Barcelona) dan Thiago Motta (Inter Milan) saat menjadi lawan pada 20 April 2010 (Alberto Pizzoli/AFP)

Motta menilai Messi adalah pemain yang memiliki bakat bawaan dan mampu beradapatasi dengan cepat. Jika dulu Messi lebih bermain secara individual, kini Motta melihat Messi bermain mengandalkan rekan satu timnya.

Baca Juga:
Napoli Bersedia Pulangkan Edison Cavani, tapi Ada 2 Kendala

''Messi adalah pemain yang naluriah. Dia telah berhasil meraih impiannya dan menjadi fenomena. Messi memiliki bakat bawaan dan tahu cara beradaptasi dengan perubahan dalam liga yang terus berevolusi,'' ungkap Thiago Motta dikutip dari La Gazzetta dello Sport.

''Pada awalnya, Messi merupakan pemain yang lebih individual, sedangkan sekarang dia lebih bergantung kepada rekan-rekannya untuk menciptakan perbedaan dalam sebuah pertandingan,'' lanjut Motta menambahkan.

Ya, pengataman Thiaggo Motta memang bisa dikatakan benar. Dari total 650 pertandingan yang dijalani Lionel Messi, pemain yang meraih Ballon d'Or sebanyak lima kali itu memiliki catatan apik baik dalam jumlah gol dan assists. Messi tercatat menciptakan 566 gol dan 219 assists.

Baca Juga:
50 Gol Sudah Terlampaui, Mohamed Salah Kini Punya Ambisi Baru

Pada musim 2018/19 ini saja, Messi telah menorehkan 14 gol dan 6 assists dalam 13 penampilannya di semua kompetisi.

Load More