Galih Priatmojo
Aksi Mohamed Salah saat berhadapan dengan Crystal Palace (@LFC/Twitter)

Bolatimes.com - Liverpool baru saja menuai sukses kala menjungkalkan tuan rumah Tottenham Hotspur di lanjutan Liga Primer Inggris. Namun top skor Liga Primer musim lalu, Mohamed Salah tak turut menyumbang gol di laga itu. Penyerang Timnas Mesir itu hingga pekan kelima ini terhitung baru membukukan dua gol dan satu assist untuk Liverpool. Benarkah Salah tak setaji musim lalu?

Berdasarkan statistik musim lalu, Mohamed Salah setidaknya telah membukukan tiga gol dan satu assist hingga pekan kelima Liga Primer Inggris.

Bisa jadi angka ini tak memiliki perbedaan terlampau mencolok. Tapi melihat dari algoritma xG (expected goals) atau jumlah yang seharusnya dicetak oleh sang pemain musim ini berbanding musim lalu berdasarkan Opta maka akan terlihat perbedaannya.

Baca Juga:
Klasemen Sementara Serie A: Juventus Tak Tergoyahkan

Musim ini, angka expected goals Salah berada di angka 3,38. Angka tersebut berdasar dari algoritma Opta yang menghitung kualitas kesempatan mencetak gol yang datang ke sang pemain.

Dari pengamatan algoritma Opta itu, Salah terhitung mencetak minus 1,38 gol dari ekspektasi, menunjukkan bahwa ia melewatkan beberapa peluang emas yang seharusnya berbuah gol.

Ini tentu berbanding terbalik dengan apa yang ditunjukkan Salah di musim lalu. Hingga pekan yang sama di musim lalu Salah mencetak 3 gol dari angka xG 3,25 yang menunjukkan bahwa ia setidaknya memenuhi ekspektasi di depan gawang lawan.

Baca Juga:
Kenalin Nih, Gelandang Cantik Liverpool Nominasi Pemain Terbaik

Selain itu, statistik juga menunjukkan bahwa Salah di musim lalu lebih bertaji. Buktinya ia telah memasukkan 32 gol dari 34 laga di mana angka xG-nya sepanjang musim adalah 24,34. Dengan kata lain, Salah mencetak hampir 8 gol lebih banyak dari ekspektasi.

Berdasarkan uraian tersebut, Salah bisa dibilang tak setaji musim lalu terutama dalam menyelesaikan peluang di depan gawang.

Baca Juga:
Keren! Begini Aksi Juggling Pekerja Gudang di Turki Pakai Kardus

Load More